NasionalNewsPolresatabes

Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Agar Tidak Mudah Terpengaruh Godaan Duniawi

Surabaya – Tugas pokok Kepolisiaan Republik Indonesia (POLRI) diantaranya adalah menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Selain itu anggota Polri harus dispilin dan menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar tidak mudah terpengaruh dengan godaan duniawi.

Berkaitan dengan hal ini Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol A. Yusep Gunawan S.H., S.I.K., M.H., M.Han., menerapkan program rutin yang dikemas dengan Bimbingan Rohani dan Mental (Binrohtal) di Masjid Baiturrahman Polrestabes Surabaya setiap hari Kamis pagi.

Hari ini (Kamis, 18/11/2021), KH. Nur Hadi / Mbah Bolong selaku pengasuh Ponpes Falahul Muhibbin, Jombang bertindak selaku pembawa tausyiah dengan tema “ Jasmani dan Rohani harus seimbang “

Adapun kegiatan Binrohtal kali ini dihadiri oleh Kapolrestabes Surabaya didampingi penjabat utama Polrestabes Surabaya berserta seluruh anggota Polrestabes Surabaya. Sedangkan anggota yang berdinas di Polsek Jajaran juga mengikuti secara virtual dari tempat masing – masing.

KH. Nur Hadi / Mbah Bolong dalam tausyiahnya menyampaikan bahwasannya jika ingin hidup dengan damai dan berkah maka ada 3 poin penting yang harus di terapkan sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orang – orang Sufi pada umumnya

Diantaranya adalah penerapan metode Takhalli artinya setiap manusia harus mengkosongan jiwa dari sifat – sifat buruk seperti sombong, dengki, iri hati, cinta dunia, cinta kedudukan, riya, dan sebagainya. Kedua Tahalli artinya menghiasi jiwa dengan sifat – sifat yang mulia seperti kejujuran, kasih saying, tolong menolong, kedermawanan, sabar, keikhlasan, dan cinta kepada Allah SWT.

“kemudian yang terakhir adalah menerapkan Tajalli adalah terbukanya tabir yang menghalangi dengaanNya. Sehingga hamba dapat menyaksikan tanda – tanda kekuasaan dan keagunganNya. Jadi kalau kita punya niatan baik, kita pasti akan mendapatkan pertolongan dari Allah,” tutur KH. Nur Hadi / Mbah Bolong.

Pada kesempatan yang sama Kasihumas Polrestabes Surabaya Kompol Muchammad Fakih menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan karena sebagaimana iman itu bagaikan tanaman, apabila tidak sering disiram, maka bisa membuat tanaman tersebut layu, hingga kering dan mati, begitu juga Iman, kalau tidak sering diberikan siraman rohani maka akan membuat hidup menjadi berantakan tidak tentu arahnya.

“Sesuai apa yang sudah disampaikan oleh KH. Nur Hadi / Mbah Bolong tadi Keseimbangan jasmani dan rohani memang kita harus terapkan supaya anggota Polrestabes Suarabaya dalam melaksanakan tugasnya di lapangan dapat diniatkan sebagai ibadah, supaya dunia yang kita dapat akhiratnya juga kita dapat” tutur Kompol Muchammad Fakih. @ njb

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button