DaerahEdukasikesehatanNasionalNewsPemerintahanPolda Jawa TimurPolres SidoarjoTNI-ku

PPKM Skala Mikro, Desa Ploso, Sidoarjo

SIDOARJO || HALLOJATIM – Dalam rangka pengendalian penyebaran Virus Covid-19, maka pada hari ini jumat 19/02/2021 Ds. Ploso Kec. Krembung Kab. Sidoarjo mengadakan sosialisasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro bersama seluruh ketua RT dan ketua RW se- desa ploso bertempat dibalai Desa ploso.

Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebar luaskan informasi tentang bahaya nya Virus Covid-19 serta bagaimana upaya untuk menanggulanginya dan bagaimana caranya untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Wabah Virus Covid-19 memang telah menjadi momok ditengah masyarakat, khususnya warga Desa Ploso, selain ancaman maut yang senantiasa mengancam akibat terpapar virus ini, ancaman yang tidak kalah gawatnya adalah hancurnya roda perekonomian masyarakat.

Maka dalam sosialisasi ini dijelaskan pula bahwasanya masyarakat harus tetap tenang tanpa mengurangi kewaspadaan ketika ada salah satu dari warga yang terpapar Virus Covid -19, apa sebaiknya yang dilakukan. Masyarakat jangan panik dan selalu berkoordinasi dengan tim kesehatan setempat dan pemerintah desa, beri bantuan dengan pasokan makanan yang cukup, usahakan jaga jarak aman dengan tetap berdisiplin menjalankan Prokes (3M).

“Kita harus tetap tenang, sabar dan bertawaqal, selalu optimis bahwa virus ini akan segera teratasi asal ada kemauan dan kesadaran dari dalam diri kita sendiri untuk senantiasa berdisiplin dalam melaksanakan Prokes,” ungkap Bpk. Nur Khasan selaku Ketua Kampung Tangguh dan BPD Desa Ploso.

“Saya berharap di setiap rt poskampling bisa aktif lagi agar lebih bisa memantau perkembangan covid di wilayah masing-masing rt, sebelum PPKM Mikro ne berjalan sebenarnya di desa ploso ini sudah ada rencana kesana. Alhamdulillah lagi dengan aturan-aturan yang sudah ini bisa berjalan efektif sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran covid19. Dalam kesempatan ini juga menghimbau masyarakat Desa Ploso untuk sesering mungkin mencuci tangan,gunakan Masker,Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah,Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera periksakan kesehatan ke dokter atau fasilitas kesehatan yang terdekat”,harapannya.

Kemudian seluruh ketua RT dan RW untuk ikut membantu / mengajak warganya dalam hal kepatuhan melaksanaakan protokol kesehatan. Dijelaskan oleh Aiptu M. Abas, “Sekarang ini penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dirasa kurang cukup dengan hanya memperhatikan 3M saja, mulai sekarang masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan yang terakhir membatasi mobilitas dan juga interaksi”. Ucapnya

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Ketua kampung tangguh Bpk Nur Khasan dan dihadiri pula oleh Babinsa dan Babinkamtibmas beserta Kepala Puskesmas Krembung Dr. Tridiana Libriawaty dan juga Rt,Rw Desa Ploso.

” Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan perekonomian bisa secara bertahap berangsur pulih kembali Amin Ya Robbal Alamin “. pungkasnya. @dik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button