Breaking NewsBUMNEdukasiNasional

Darmawan Prasodjo Raih Male Executive Of The Year Enlit Asia Power Energy Awards 2023

Jakarta, 15 November 2023 – Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meraih penghargaan “Male Executive of the Year” pada ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia pada Selasa (14/11). Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilannya melakukan transformasi digital di tubuh PLN dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Atas kerja kerasnya dalam memimpin transformasi di perseroan selama empat tahun terakhir, PLN juga dianugerahi empat penghargaan lainnya yaitu; Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia, Simon Hoare selaku penyelenggara acara penghargaan ini mengatakan, ajang ini menjadi salah satu tonggak sejarah untuk memperkuat kolaborasi di sektor ketenagalistrikan. Hal ini karena perjalanan menuju transisi energi membutuhkan kolaborasi berbagai pihak.

“Ini pertama kali agenda Enlit Asia untuk sektor ketenagalistrikan dan energi diselenggarakan di Indonesia. Acara ini adalah tonggak penting dalam mengubah ketersebaran menjadi kolaborasi yang kohesif di antara kita semua,” ujar Simon.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan ini sebagai buah dari upaya transformasi PLN dalam menjawab tantangan global saat ini. PLN melakukan digitalisasi mulai dari pembangkit, transmisi, pengadaan hingga pelayanan pelanggan.

“Saat ini, semuanya telah terintegrasi secara digital. Dulu, semua proses bisnis terfragmentasi, saat ini PLN jauh lebih kuat dan efisien. Sehingga kami bisa memberikan layanan pelanggan jauh lebih baik,” ujar Darmawan.

Dalam meramu kesuksesan PLN untuk peningkatan pelayanan, Darmawan menjelaskan lewat _masterpiece_ SuperApp PLN Mobile, berhasil membuat proses bisnis yang kompleks kini menjadi sangat mudah dan cepat. Hal itu dibuktikan dengan aplikasi PLN mobile yang telah diunduh oleh 45 juta masyarakat.

“Saat saya cek 4 tahun yang lalu, aplikasi PLN mobile ratingnya 2,5, _downloader_ -nya setengah juta dan 450.000 meng- _uninstall_ aplikasinya. Kini, aplikasi PLN Mobile telah diunduh 45 juta masyarakat, ratingnya menunjukkan peningkatan dari 2,5 menjadi 4,9,” ujarnya.

Namun, Darmawan menyebut penghargaan ini tidak serta merta diraih karena kekuatannya sendiri, melainkan atas kerja bersama 60 ribu pegawai dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perusahaan terhadap masyarakat.

“Penghargaan ini diberikan kepada 60 ribu pegawai PLN yang bekerja keras untuk memastikan tidak hanya PLN menjadi lebih kuat namun juga bagaimana kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujar Darmawan.

Darmawan juga menjelaskan, berkat transformasi ini membuat PLN mampu bertahan di kala Covid-19 bahkan mencetak kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah.

“Selama masa Pandemi Covid–19, kami juga berhasil membukukan laporan keuangan terbaik dalam sejarah PLN selama dua tahun berturut-turut,” katanya. @red

Related Articles

Back to top button