DaerahEdukasiNasionalNewsTNI-ku

Peringati HUT TNI ke 76 Kodim 0819 Laksanakan Ziarah Nasional Dan Tabur Bunga

Pasuruan – Menghormati jasa pahlawan tentu bukan hanya “mengenang masa lalu” selama sehari dalam setahun. Begitu pula, menghargai jasa pahlawan tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih, melainkan juga dengan meneladani sikap dan perbuatan mereka. (Senin, 4/10/ 2021).

Ingat, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Mereka rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan Negara Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2021 Kodim 0819 Pasuruan menggelar kegiatan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di Jl. Pahlawan No.20 Kota Pasuruan.

Ziarah Nasional dalam rangka HUT TNI ke 76 tersebu diikuti lebih kurang 50 orang, dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan mengedepankan protokol kesehatan. Adapun susunan pasukan upacara diantaranya, 1 SSR dari Personil Kodim 0819/Pasuruan, 1 SSR anggota dari Batalyon Zipur 10/2 / Kostrad, 1 SSR anggota Puslatpur Grati dan 1 SSR anggota TNI AU Raci Kabupaten Pasuruan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ziarah dan tabur bunga bertindak sebagai Irup Kolonel Marinir I Made Sukada, S,E. (Dandkolatmar Grati Pasuruan), Danup Kapten Arh Indar S dan Perwira Upacara yaitu Pasi Pres Kodim 0819 Kapten Inf Rofik Amirullah. Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan diakhiri dengan tabur bunga di pusara para Pahlawan.

Kolonel Marinir I Made Sukada saat ditemui awak media Pendim 0819 menyampaikan bahwa Ziarah Nasional dan tabur bunga di TMP dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76 bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan telah gugur, serta dapat merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi dengan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dandim 0819 Letnan Kolonel Infanteri Nyarman, M. Tr. (Han) juga menyampaikan yang mana kegiatan ziarah ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh jajaran TNI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 76 tahun.

“Tujuan dari ziarah dan tabur bunga ini adalah untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa dalam pendirian Kemerdekaan. Berkat para Pahlawan tersebut kita semua dapat menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan,” terang Dandim 0819.

Hadir dalam kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga yaitu; Kolonel Marinir I Made Sukada, S,E (Dandkolatmar Grati Pasuruan), Komandan Kodim 0819/Pasuruan Letkol Inf Nyarman, M.Tr. (Han), Danyon Zipur /10/2 Kostrad Pasuruan Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, Mayor Arh M Ridwan (Kasdim 0819 Pasuruan), Mayor Marinir Agung (Puslatpur Grati Pasuruan).

Turut hadir, Mayor Kav Sutikno (Wadan Kav Beji Pasuruan), Kapten Kristiadi (Datasemen AU Raci Pasuruan), Kapten CPM Rif’an Hadi Nurhasyim, S.H. (Dansub Pom V/3-4 Kota Pasuruan), Jajaran Perwira Kodim 0819 Pasuruan, Ibu-ibu Persit dan anggota PNS Kodim 0819 Pasuruan.

Sekira pada pukul 08.25 WIB, rangkaian kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76 Tahun 2021 selesai dengan tertib lancar dan aman.

@dik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button