DaerahNasionalNews

Sudah Pantaskah Dispendukcapil Bangkalan menyandang predikat zona integritas

BANGKALAN || HALLOJATIMNEWS -Zona integritas merupakan predikat yang di berikan oleh kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat dengan cepat,tepat dan profesional.

Seperti halnya di Dispendukcapil Bangkalan Madura Jawa timur yang saat ini sedang mencanangkan menuju Zona Integritas namun menuju zona integritas tidaklah mudah butuh kesiapan yang matang dalam menerapkan wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih melayani.

Kesiapan menuju zona integritas di Dispendukcapil Bangkalan perlu dipertanyakan pasalnya baru-baru ini Dispendukcapil Bangkalan sempat di beritakan oleh salah satu media bahwa Dispendukcapil Bangkalan masih terdapat banyak calo dan masih marak praktek pungutan liar.

Di kutip dari Jawa Pes.co.id didalam pemberitaan tersebut disitu dikatakan oleh salah satu Narasumber kepada media itu bahwasanya,”Kalau lewat calo binaan Dispenduk tidak bakalan nganteri seperti itu mas, karena Calo disini sangat diistimewakan sehingga pengurusan cepat selesai,” Keluhnya, Jumat (12/6/2020).

Dalam kutipan isi berita media tersebut juga mengatakan,”Saat tim media berusaha mendekati para calo dengan entengnya mereka mengajak keluar dari area Dispenduk Capil biar lebih mudah dan aman untuk tawar menawar harga dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Saat disinggung berapa lama selesainya. Tergantung harga kalau masalah itu mas, Ungkapnya.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Dispendukcapil masih jauh dari kata wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani sehingga bisa dikatakan tidak layak menyandang predikat zona integritas.

Namun pihak Dispendukcapil sendiri tetap optimis dalam mendukung program pemerintah menuju zona integritas.kepala bidang pendaftaran penduduk (Dafduk), Dispendukcapil Bangkalan menyampaikan kepada Media hallojatim.

“Kami di Dispendukcapil Bangkalan secara personal maupun struktural seluruh pegawai sudah melakukan sumpah dan menandatangani sebuah surat perjanjian bahwa tidak akan melakukan sebuah korupsi dan menerapkan wilayah birokrasi bersih melayani”Ucap su’ud.

Masih Su’ud “ketika semua sudah menandatangani fakta integritas otomatis semua pelayanan harus bersih dari KKN bersih melayani sehingga predikat zona integritas bisa kita capai dan melekat di Dispendukcapil Bangkalan.” Tutup Su’ud.

Penulis : Aris

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button