Breaking NewsDaerahNasionalNewsPemerintahan

Pemkab Sidoarjo Pada Maret Mendatang Akan Memulai Perbaikan Jalan Dengan Betonisasi 21 Kilometer

Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melalui dinas pekerjaan umum bina marga dan sumber daya air (Dinas PUBMSDA), akan memulai pekerjaan perbaikan jalan di sejumlah ruas di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan itu juga akan dimulai dengan pekerjaan betonisasi jalan di sepanjang ruas jalan dengan panjang kurang lebih 21 kilometer pada bulan Maret mendatang.

“Karena pada bulan Januari hingga Februari situasi cuacanya kurang memungkinkan dengan adanya musim hujan yang masih cukup tinggi takut nantinya menghambat pekerjaan betonisasi tersebut,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Kamis (24/02/2022).

Dijelaskan Muhdlor, kami melalui Dinas PUBMSDA telah melakukan pemetaan, survei dan perencanaan yang diperlukan untuk pekerjaan betonisasi jalan di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Saat ini prosesnya masih dalam tahap lelang dan masih menunggu cuaca yang cerah untuk bisa kita mulai melakukan pekerjaannya pada Maret mendatang,” ujarnya.

Sebelum pengerjaan betonisasi dimulai, pihaknya juga menyiapkan pembangunan drainase di ruas-ruas yang akan dilakukan betonisasi, dan pekerjaan betonisasi di tahun ini totalnya 21 km.

Untuk itu, pembangunan drainase didahulukan agar tidak terjadi lagi genangan air pasca dilakukan betonisasi nantinya.

Sementara, M. Yunan Khoiron selaku Sekretaris Dinas PUBMSDA mengatakan, pada bulan Maret mendatang nanti, selain betonisasi sepanjang 21 kilometer, kami juga menyiapkan pekerjaan pemeliharaan lebih dari 30 ruas jalan di seluruh Kabupaten Sidaorjo.

“Dan titik pemelihraan jalan tersebut akan merata di seluruh wilayah Sidoarjo, mulai dari Kecamatan Tarik, Jalan Kedungbocok, Jalan Desa Suruh, Kecamatan Sukodono, Jalan Sidomulyo Kecamatan Buduran dan Jalan di Kecamatan Matan Candi,” paparnya.

M. Yunan juga menerangkan, terkait betonisasi dengan panjang 21 kilometer tersebut, jalan yang ada di Sidoarjo saat ini masih dilakukan proses lelang. Prediksinya, pada bulan Maret di beberapa titik ruas jalan sudah mulai betonisasi diantaranya, jalan Panjunan – Suko, ruas Krembung – Kepadangan, ruas Wonoayu – Candi Negoro dan lainnya.

“Proses perbaikan jalan nantinya diawali dengan pekerjaan pembuatan saluran dulu dengan memasang box culvert, setelah itu jalannya dibeton, dan untuk saat ini semua pekerjaan masih dalam proses lelang untuk menentukan pihak yang mengerjakan,” tandasnya. @Deft

Related Articles

Back to top button