NasionalNewsPeristiwaTNI-ku

5 Desa Tergenang Air Diwilayah Koramil 0819/08 Rejoso

PASURUAN – Dilaporkan oleh Batituud kepada Danramil 0819/08 Rejoso Kapten Czi. Pono pada pukul 02.46 WIB dini hari genangan air yang memasuki pemukiman warga binaan Koramil 0819/08 di Wilayah Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan yang diakibatkan dari turunnya hujan dengan intensitas sedang semakin meluas.

Adapun kronologi seperti yang dilaporkan Babinsa Serda Icuk kepada Danramil 0819/08 Kapten Czi. Pono, bahwasannya diwilayah Kecamatan Rejoso yaitu sekira pada pukul 13.40 WIB cuaca di wilayah Kecamatan Rejoso dan sekitarnya terjadi turun hujan dengan intensitas sedang.

Selanjutnya sekira memasuki pukul 15.30 WIB air kiriman dari wilayah luar Kecamatan Rejoso dan bersamaan air laut pasang maka aliran air mengalir dengan deras dan mengakibatkan jalan serta pemukiman warga tergenang air tersebut, Selasa (18/1/2022).

Menurut keterangan Serda Icuk Babinsa Koramil 0819/08 Rejoso yang saat itu melakukan pemantauan diwilayah mengatakan bahwa meluasnya genangan air tersebut semakin malam semakin bertambah meluas.

“Sampai dengan tengah malam hingga genangan air meluber kesemua pemukiman warga hingga semakin meluas meskipun hujan sudah reda sejak sore hari sekira pada pukul 16.45 WIB. Baru menjelang tiba waktunya subuh dini hari sampai pagi ini genangan air mulai sedikit demi sedikit surut seiring dengan surutnya air laut dan air tenang,” ungkap Babinsa Serda Icuk.

Adapun lokasi terdampak genangan air yang semakin meluas mulai kemarin hingga sampai pagi ini (Selasa, 18/1) diantaranya 5 Desa yaitu; Desa Arjosari Dusun Klengoan dengan ketinggian genangan air mencapai 30 cm, adapun warga terdapat sebanyak 100 KK. Sedangkan di Desa Patuguran Dusun Kepanjen dengan ketinggian genangan air setinggi 30 cm, untuk jumlah KK terdampak sebanyak 250 KK.

Selanjutnya, wilayah Desa Rejoso Lor tepatnya di Dusun Kasuran dan Dusun Plembon jumlah KK terdampak genangan air sebanyak 300 KK dengan ketinggian air 40 cm. Masuk di Desa Toyaning Dusun Toyaning genangan air setinggi 50 cm, jumlah KK terdampak 400 KK dan di Desa Jarangan Dusun Bandaran tergenang air setinggi 49 cm, jumlah KK yang terdampak sebanyak 240 KK.

Dalam laporan yang disampaikan Babinsa Serda Icuk anggota Koramil 0819/08 Rejoso kepada Danramil Kapten Czi. Pono, bahwa terkait kerugian baik personil maupun materiil di 5 Desa terdampak genangan air sementara tidak ada alias Nihil.

Tiga pilar Kecamatan Rejoso yang terjun kelokasi terdampak genangan air di wilayah Koramil 0819/08 Rejoso antaralain; 5 orang personil Babinsa Koramil 0819/08 Rejoso, Bhabinkamtibmas Polsek Rejoso, BPBD tingkat Kecamatan Rejoso, PKM Rejoso dan Perangkat masing-masing Desa setempat yang terdampak bencana genangan air. @dik

Related Articles

Back to top button