DaerahEdukasiNasionalNewsPemerintahanPolres Sidoarjo

Razia Sel Tahanan, KPLP Lapas kelas IIA Sidoarjo Temukan Sajam Rakitan

Sidoarjo – Antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib), Jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan penggeledahan didalam Lapas IIA Sidoarjo secara rutin dua kali dalam sepekan, pada hari Selasa malam 15 Februari 2022 kemarin.

Penggeledahan blok hunian tersebut dipimpin langsung oleh, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sidoarjo Prayogo Mubarak, dan diikuti oleh 20 petugas pengamanan untuk melakukan penggeledahan di Blok B.

Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto mengatakan, bahwa penggeledahan ini rutin dilakukan dua kali dalam sepekan di beberapa Lapas/ Rutan untuk mengecek keamanan dan ketertiban kamar hunian, termasuk di Lapas Sidoarjo.

“Sesuai dengan SOP pengamanan di lapas/ rutan, tujuan dari penggeledahan ini utamanya adalah untuk mengetahui potensi gangguan kamtib,” ucap Wisnu kepada media ini, Rabu (16/02/2022).

Untuk memastikan barang-barang berbahaya didalam rutan tersebut, petugas mengecek secara langsung kondisi kamar hunian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti, perusakan dinding kamar maupun bagian lainnya.

“Saat ini lapas yang terletak di Jantung Sidoarjo berisi 1.025 warga binaan, tentunya risiko dalam aspek keamanan dan ketertiban menjadi tingi, dan razia di blok hunian Lapas Sidoarjo ini tidak ditemukan hal-hal menonjol, bahkan petugas menyita alat-alat yang terbuat dari besi seperti sendok dan gunting yang ada didalam rutan” ungkapnya.

Selain itu, Prayogo juga menjelaskan, bahwa beberapa warga binaan membuat benda tajam dari sikat gigi, dan gagang sikat digosokkan ke lantai sehingga menjadi tajam dan runcing, benda-benda seperti itu berpotensi membuat masalah jika ada keributan.

“Maka dari itu, kami tidak ingin ada masalah yang lebih serius ketika ada keributan antar warga binaan, jadi kita amankan benda-benda yang sekiranya membahayakan,” paparnya @Deft

Related Articles

Back to top button