DaerahNasionalNewsPemerintahan

Rangkul Semua Parpol, Bupati Sidoarjo bersama Ketua Umum PAN Sukseskan Program RPJMD

Sidoarjo – Guna merangkul semua Partai Politik (Parpol), Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menghadiri acara pelantikan dan rapat kerja DPD PAN Sidoarjo di Aston Hotel, pada hari Senin (21/03/2022).

Hal itu dilakukan untuk kolaborasi dan bersinergi bersama membangun kota Delta, demi tercapainya pembangunan infrastruktur, dan merealisasikan program-program yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kolaborasi dan sinergitas antara seluruh komponen partai politik yang ada di kabupaten Sidoarjo sangat penting untuk memastikan setiap program yang ada di RPJMD kabupaten ini bisa masuk. Mulai dari penganggarannya, perencanaannya dan sebagainya,” kata Gus Muhdlor.

Disampaikan Muhdlor, dukungan dan peran partai politik melalui perwakilannya yang ada di legislatif memiliki peran penting dalam mengawal kinerja pemerintah. Selain sebagai fungsi kontrol, legislatif juga berperan dalam menentukan anggaran lewat fungsi bugeting atau politik anggaran yang ada di Badan Anggaran (Banggar).

“DPRD punya fungsi budgeting, fungsi kontrol dan fungsi regulasi untuk menyokong itu semua. ini penting bagi kami ada sinergitas, sehingga program-program yang ada di RPJMD kabupaten ini bisa terealisasi, ter-eksekusi sesuai dengan target dan bisa terkontrol dengan baik,” ujarnya.

Menurut Muhdlor, pemerintah tidak bekerja sendiri, karena disana ada legislatif yang memiliki tugas mengawal capaian program-program kerja yang sudah tetapkan di RPJMD kabupaten.

“Termasuk salah satunya mewujudkan pembangunan infrastruktur kabupaten Sidoarjo yang butuh dukungan penuh secara anggaran. Jadi sinergitas ini yang harus tetap dijaga, khususnya oleh partai PAN,” tuturnya.

Gus Muhdlor juga mengatakan, DPD PAN Sidoarjo adalah salah satu partai yang aktif untuk mengawal, dan membantu kinerja bupati selama perjalan satu tahun ini. Dimana salah satu kader PAN Sidoarjo, Emir Firdaus yang juga menjabat Ketua DPD PAN Sidoarjo merupakan Wakil Ketua DPRD dan unsur pimpinan Badan Anggaran di DPRD Sidoarjo, posisi yang strategis dalam mengawal politik anggaran.

“Oleh karena itu, kami sampaikan tadi sama Ketum PAN bahwa, selama perjalanan satu tahun ini PAN merupakan salah satu partai yang mau bersama-sama memperjuangkan dengan baik setiap program yang ada di RPJMD kabupaten Sidoarjo, khususnya dibidang infrastruktur,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta kepada para kader PAN Sidoarjo untuk mendukung dan mengawal kinerja Bupati Sidoarjo, karena menurut Zulhas garis perjuangan partai PAN serta partai PKB sama yakni, sama-sama memperjuangkan jalan tengah dalam berkebangsaan-nation.

Untuk itu, Zulhas mendorong para kadernya agar berpolitik secara santun, tidak gampang marah dan tidak membuat gaduh. “Kader PAN harus dukung bupati Sidoarjo merealisasikan program kerja, berpolitik yang santun, jangan bikin gaduh dan aspirasikanperjuangan dalam bentuk perda,” paparnya. @Deft

Related Articles

Back to top button