DaerahNasionalNewsPolresatabes

Tunjungan Plaza V Kembali Normal, Police Line Akan Dilepas

Sirabaya – Pasca kebakaran, tujuh belas hari sudah lantai di Tunjungan 5 tidak difungsikan, termasuk Cinemax XXI.

Sebelumnya polisi menutup aktifitas ruang tersebut untuk keperluan penyelidikan. Satreskrim Polrestabes Surabaya akhirnya memastikan proses penyelidikan insiden kebakaran yang terjadi pada (13/04/2022) sudah tuntas.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal Maulana menyebutkan, meski telah memeriksa empat orang saksi, tidak ada yang ditetapkan sebagai tersangka atas insiden tersebut.

Hal itu diyakini oleh penyidik dan tim Laboratorium Forensik Mabes Polri, cabang Surabaya setelah memastikan penyebab kebakaran adalah korsleting listrik pada mesin pemanas.

“Hasil penyelidikan, sumber api dipicu dari akumulasi panas (heat Accumulation) selama terjadinya hubungan longgar listrik. Hal
tersebut mengakibatkan pada salah satu terminal kabel lampu penerangan meleleh dan menimbulkan api,” kata Mirzal, Minggu (01/05/2022).

Selanjutnya Mirza menerangkan bahwa api yang muncul tersebut mengenai media bahan mudah tebakar seperti atap atau plafon lalu kemudian api semakin besar dikarenakan adanya tiupan angin yang kencang di area garden Bioskop Cinemax XXI (ruang terbuka) dan api meluas ke Lantai 4 hingga lantai 11.

Dengan adanya dasar tersebut, Mirzal memastikan tidak dapat menjerat seorang pun untuk disangkakan melanggar pasal 188 KUHP.

Mirzal juga mengapresiasi masyarakat Surabaya atas gotong royong dengan petugas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya yang berjibaku memadamkan api hingga dapat meminimalisir korban jiwa.

“Alhamdulillah. Tidak ada korban jiwa. Kami berterimakasih kepada masyarakat Surabaya, petugas PMK kota Surabaya yang sudah bersama-sama membantu proses pemadaman baik saat awal api muncul hingga dapat dipadamkan,” ujar Mirza

Dengan dilepasnya police line di area Cinemax XXI Tunjungan Plaza Lantai 10 Surabaya, maka aktifitas di pusat perbelanjaan itu bakal kembali berjalan normal. @Njb

Related Articles

Back to top button