Breaking NewsBUMNBusinessDaerahEdukasiEkbis

Wujudkan Madiun Bersih, PLN dan Walikota Madiun Gelar Aksi Peduli Lingkungan

Hallo Madiun, 30 Desember 2023 – Dalam rangka mendukung kelestarian lingkungan dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan berkelanjutan, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun serta Forum Penggiat Program Kampung Iklim (ProKlim) Kota Madiun menyelenggarakan Gerakan Aksi Peduli Lingkungan, Rabu (27/12).

Di penghujung tahun 2023, PLN kembali mewujudkan komitmennya dengan aksi peduli lingkungan yang meliputi ASAH (Ambil Sampah), ASI (Amankan Sanitasi), dan ASUH (Ayo Selamatkan Lingkungan Hidup). Bertempat di Pahlawan Street Center (PSC) Kota Madiun yang dipimpin langsung oleh Walikota Madiun, Maidi.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 300 partisipan dari instansi, relawan dan masyarakat ini diawali dengan penuangan cairan Eco-Enzym di aliran sungai Sumber Umis. Cairan yang dihasilkan dari fermentasi limbah organik ini bermanfaat sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, hingga berfungsi menurunkan efek rumah kaca.

Kemudian dilanjutkan dengan aksi ambil sampah di sekitar kawasan Kota Madiun. Para partisipan terjun langsung memungut sampah sebagai bentuk dukungan bagi kebersihan wilayah Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Walikota Madiun, Maidi menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas keterlibatannya dalam program ini.

“Kami berterima kasih atas atensi dari PLN mendukung budaya bersih di wilayah Kota Madiun. Kami juga berharap agar aksi seperti ini tidak hanya kita laksanakan setahun sekali tetapi dapat berkelanjutan, dan kami berharap PLN juga dapat turut membina forum ProKlim Kota Madiun agar program yang ada berkembang lebih baik,” ujar Maidi.

Manager PLN UP3 Madiun, Suhandopo juga menyampaikan dukungan terhadap program ProKlim.

“Melalui acara ini PLN menunjukkan kepedulian yang nyata akan isu-isu lingkungan. PLN juga siap untuk mendukung dan mendorong program-program dari penggiat ProKlim, tentunya agar dapat memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan Kota Madiun,” ungkap Suhandopo.

Dalam kesempatan tersebut, PLN juga memberikan bantuan berupa bibit tanaman dan tong sampah kepada Pemkot Madiun. Hal ini menunjukkan konsistensi PLN dalam mendorong setiap gerakan kepedulian dalam bentuk aksi nyata untuk memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. @red

Related Articles

Back to top button