DaerahEdukasiNasionalNewsPemerintahan

Gus Muhdlor Ziarah ke Makam Pendahulu Botoputih

Sidoarjo – Jelang hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke 163, Ahmad Muhdlor Ali selaku Bupati Sidoarjo melaksanakan kegiatan berziarah ke tempat makam para mantan bupati yang sudah meninggal, pada hari Senin 24 Januari 2022.

Pelaksanaan kegiatan tersebut mulai dari makam Bupati Sidoarjo yang pertama RTP Tjokronegoro I yang dimakamkan di komplek pemakaman Asri Hing Pendhem, dan hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan untuk mengingat jasa beliau (mantan bupati) yang membangun Sidoarjo sampai sekarang masih menjadi catatan selama berjuang.

Terlihat kedatangan Bupati Sidoarjo bersama Kapolresta Sidoarjo dan Forkopimda Sidoarjo disambut hangat oleh, pengelola Makam Sunan Botoputih (juru kunci), dan di makan tersebut tidak sembarangan orang luar boleh masuk, terkecuali para pejabat atau keluarga dan keturunan Sunan Botoputih yang di perbolehkan masuk.

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan, makam Nur Ahmad Syaifuddin yang pernah menjabat sebagai Plt Bupati Sidoarjo pada Tahun 2020 lalu yang berada di Desa Janti, Kecamatan Waru juga termasuk dalam rangkaian ziarah makam tersebut.

” Jadi, jangan pernah melupakan sejarah itu, karena momentum ini juga bagi seluruh warga Sidoarjo dan generasi muda Sidoarjo, pelajaran yang diambil dari perjuangan para pendahulu, saya yakin akan banyak hikmah kalau kita tidak mudah melupakan sejarah dari beliau-beliaunya, ” ujar Bupati Sidoarjo kepada awak media Selasa (25/01/2022).

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu juga menerangkan, ditempat tersebut Bupati Sidoarjo yang ke 6 R Suriadi Kertosuprojo dimakamkan bersama dengan para pahlawan yang gugur berjuang saat memperebutkan kemerdekaan RI.

” Oleh karena itu, kami berharap kepada para generasi yang sekarang dapat memberikan yang terbaik untuk Sidoarjo dalam menjalankan karya dan kerjanya agar bermanfaat bagi masyarakat luas ” paparnya.

Dia juga menambahkan, apa yang didapat oleh kita semua akan dikenang namanya selama dia mampu, mau dan bisa mengerti, semua itu akan menjadi pengingat kita.

Untuk itu, pada puncak acara tanggal 31 Januari akan dilaksanakan Upacara Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 163 di Alun-Alun Sidoarjo, dan dilanjutkan dengan penutupan Resepsi Hari Jadi di Pendopo Delta Wibawa.

@im

Related Articles

Back to top button