NewsTNI-ku

Terima Tim BPK RI, Lantamal V Siap Jalani Pengawasan dan Pemeriksaan

SURABAYA | Hallo Jatim – Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,. M.Han menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan menyatakan Lantamal V siap menjalani pengawasan dan pemeriksaan, Kamis (28/2).

Pembukaan pelaksanaan Wasrik BPK RI yang digelar di Rupat Mako Lantamal V ini dipimpin Ketua Tim Wasrik Agung Setiyo Utomo, S.E.,M.Acc.CA.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga, Para Asisten Danlantamal V, dan para Kadis/Kasatker dijajaran Lantamal V.

Menurut Danlantamal V, kegiatan Wasrik BPK RI yang dilaksanakan ini, pada hakekatnya merupakan implementasi dari penyelenggaraan salah satu komponen sistem manajemen yaitu pemeriksaan atas laporan keuangan Kemhan dan TNI TA 2018 di lingkungan TNI AL .

Pemeriksaan lanjut Edwin -sapaan akrab Danlantamal V ini- dititik beratkan kepada kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan (adequate disclozures), kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern(SPI).

Pelaksanaan pemeriksaan BPK RI ini, nantinya diharapkan selain dapat diketahui sejauh mana pencapaian sasaran efisiensi dan efektifitas kegiatan yang telah dilaksanakan.

Untuk itu sudah seharusnya kegiatan Wasrik ini diselenggarakan secara rutin dijajaran instansi manapun, agar memberikan data dan penjelasan yang akurat, up to date dan transparan guna mendukung kelancaran tugas tim pemeriksa BPK RI.

Ia menekankan kepada jajarannya, apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti janganlah ragu-ragu untuk bertanya demi kepentingan kita bersama.

“Kepada tim pemeriksa BPK RI, Ia juga berharap apabila nantinya di dalam pemeriksaan di jumpai adanya temuan-temuan agar di koordinasikan, sehingga dapat diperbaiki dan disempurnakan untuk tugas Lantamal V menjadi lebih baik di masa yang akan datang,” pungkasnya. @ red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button