DaerahHukrim

Belum Sempat Menikmati Hasilnya, Dua Pelaku Pencurian Dump Truck Ditangkap Polisi

GRESIK, HALLOJATIMNEWS.com – Aksi dua pelaku pencurian  Dump Truck di pinggir jalan Permata Perum Graha Bunder Asri Ds. Kembangan Kec. Kebomas Kab. Gresik, akhirnya berakhir ditangani Tim Satreskirm Polres Gresik, Rabu (5/2).

Kedua pelaku ditangkap di tempat yang sama, tersangka AS dan MR ditangkap di pasar nguling saat hendak hendak melarikan diri.

Penangkapan berawal dari laporan korban Nur Sholecha Gatra, warga Permata Perum Graha Bunder Asri Ds. Kembangan Kec. Kebomas Kab. Gresik bahwa, Dump Truck nya telah dicuri, Senin (20/1/2020) Sekira pukul 23.30 Wib.

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo .SH. SIK. MH didampingi Kasatreskrim Gresik AKP Panji bersama Kabbag Humas AKP Hasyim saat konferensi pers di Mapolres Gresik mengatakan, selain dua tersangka itu, ada satu tersangka lain, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Modus pelaku sendiri melakukan tindak kejahatan ini karena timbul niat jahat dimana ada kesempatan untuk melakukan kejahatan, saat melintas ditempat kejadian perkara (TKP) dan melihat Dump Truck parkir di pinggir jalan yang kebetulan situasi sangat sepi, sehingga keduanya timbul niat jahat untuk melakukan pencurian.

Kemudian Kedua tersangka sepakat untuk pulang ke rumahnya dan merencanakan untuk mempersiapkan peralatan dan sarana untuk melakukan aksinya.

“Sekitar pukul 22.00 Wib, kedua tersangka AS dan MR berangkat berboncengan menggunakan sepeda motor Jupiter MX menuju ke jalan permata Gresik, selanjutnya pada Pukul 23.30 Wib Tersangka AS berjalan kaki menuju kearah mobil yang sedang terparkir dipinggir jalan, dan dengan cepat pelaku membuka paksa pintu cabin mobil truck sebelah kiri menggunakan kunci T serta membongkar paksa lubang kunci kontak untuk menghidupkan mesin Truck,” Kata Kusworo.

“Setelah berhasil kedua tersangka membawa mobil tersebut, adapun peran tersangka (AS) pergi dan membawa kabur kendaraan hasil curiannya menuju tol Kebomas ke arah Sidoarjo, sementara tersangka (MR) pergi menyewa 1 Unit Mobil Toyota Avansa warna hitam,” tegas Kusworo.

Masih kata Kapolres Gresik menmbahkan Pada Hari Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 00.30 Wib di Tol Sidoarjo keduanya melakukan pertemuan untuk membahas mobil hasil tindak kejahatanya.

“Selanjutnya Mobil Dump Truck hasil dari curian yang dikendarai tersangka (AS) dan 1 Unit mobil Toyota Avansa warna hitam yang dikendarai (MR) Berjalan beriringan melintas dijalan Tol Pasuruan kemudian keluar pintu Tol Grati menuju Probolinggo.

Selanjutnya kedua tersangka sempat berhenti dipasar Nguling untuk menjemput rekannya Berinisial (MUL) yang berperan menjual Mobil Dump Truck hasil curian menuju kearah Kab. Jember dan menyembunyikan dengan cara parkir dipinggir lapangan sepak bola yang jauh dari pemukiman warga,” tegas Kusworo.

“Namun sayang belum sempat menjual barang hasil curianya dan menikmati hasilnya, kedua pelaku tercium anggota Reskrim Polres Gresik, dan pada saat dilakukan penangkapan tersangka (AS) dan (MR) sempat melawan dan ahkirnya petugas menembak kaki kedua pelaku dengan tindakan terukur, dan salah satu pelaku berinisial MUL berhasil lolos dari sergapan aparat.

Adapun Barang bukti (BB) yang berhasil disita Polres Gresik yakni 1 Unit Mobil Dump Truck dikembalikan ke pemiliknya, sedangkan 1 Unit mobil Toyota Avansa warna hitam masih diamankan di Mapolres Gresik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut, ” Ujar Mantan Kapolres Jember. (PRI).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button