Breaking NewsDaerahEdukasiNasionalNews

Forkopimda Kabupaten Bangkalan Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades

BANGKALAN || HALLOJATIM – Menjelang tahap pemungutan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Bangkalan pada hari Minggu besok tanggal 2 Mei 2021, Forkopimda Kabupaten Bangkalan menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades di Alun-alun kota Bangkalan, pada Sabtu Pagi (01/04/2021).

Apel Pergeseran Pasukan ini dipimpin langsung Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron yang diikuti ribuan Personil Gabungan terdiri dari TNI, Polri dan Brimob. Termasuk Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K.

Dalam sambutannya Ra Latif sapaan akrab Bupati Bangkalan itu, berharap kepada para simpatisan dan pendukung calon Kepala Desa yang ikut pesta Demokrasi 6 tahunan besok berjalan secara Demokratis, tertib dan aman.

Turut menjaga kelancaran jalannya pencoblosan pada Pilkades yang digelar serentak di masing-masing 117 Desa yang ada di Kabupaten Bangkalan ini agar tetap dalam keadaan suasana aman, lancar, sukses dan kondusif.

“Jika ini bisa dilaksanakan dengan baik, Pilkades di tahun ini pun bisa berjalan dengan baik sesuai dengan mimpi dan harapan seluruh masyarakat Kabupaten Bangkalan,” kata Ra Latif saat dimintai keterangannya oleh awak media selepas apel digelar.

“Bangkalan adalah milik semua orang. Kami, forkopimda kabupaten Bangkalan dan segenap elemen pendukung utama yakni TNI-Polri siap mensukseskan dan mengamankan pemilihan kepala desa secara serentak ini dengan baik dan aman serta kondusif,” sambungnya.

Sementara itu, mengenai jumlah personil yang diturunkan pada Pilkades tahun ini Bupati Bangkalan menyerahkan kepada Kepolisian Resor Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K., terkait jumlah personil yang dilibatkan untuk mengamankan pilkades gelombang 1 di Kabupaten Bangkalan.

“Untuk jumlah personil total secara keseluruhan yakni 3.267 personil dengan rincian 2.717 personil gabungan Polres Jajaran Polda Jatim dan anggota Polres Bangkalan, 550 TNI dan sisanya dari Brimob. Kami turunkan personil maksimal untuk memastikan kondisi tetap aman dan kondusif,” tandas perwira kelahiran Bojonegoro tersebut.

Lebih lanjut Kapolres Bangkalan menyampaikan, pengamanan pilkades serentak dibagi dalam 3 pola. Pertama, Pengamanan Wilayah Sangat Rawan, kedua, Pengamanan Rawan I dan ketiga Pengamanan Rawan II. Untuk Pengamanan Wilayah Sangat Rawan dijaga 30 personil gabungan TNI Polri. Pengamanan Wilayah Rawan I, dijaga 21- 24 personil dan Wilayah Rawan II dijaga 15 personil.

Kemudian dari data yang ada, 21 desa yang awalnya diketahui cukup rawan. Namun setelah dilakukan pendekatan lewat kerjasama dengan pemerintah daerah, TNI, Polri. Gesekan dan masalah bisa diminimalisir. Peran masyarakat untuk menjaga keamanan sangat kita harapkan sehingga waktu pencoblosan dalam pelaksanaan pilkades berjalan jujur dan aman.

“Pasukan pengaman Pilkades serentak akan ditarik setelah pencoblosan berakhir, yakni 3 Mei akan ada Apel Konsolidasi sekaligus melepas BKO pulang kembali ke daerah asal mereka bertugas,” pungkas mantan Kapolres Pacitan tersebut pagi ini. @ros

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button