Breaking NewsBUMNDaerahNasionalNewsPemerintahanPeristiwa

Air PDAM Wilayah Sidoarjo Mengecil dan Keruh, Pihak PT. Delta Tirta Pastikan Tetap Aman

Sidoarjo – Untuk sementara waktu, warga Sidoarjo dan sekitarnya harus bersabar, lantaran suplai air dari PDAM dan pompa milik warga mengecil bahkan sempat mati. Pada Rabu (16/06/2021), namun sebelumnya telah ada pemberitahuan bahwa ada perbaikan instalasi PLN di Umbulan Pasuruan, hingga pendistribusian air ke pelanggan akan mengalami penurunan debit air atau mati, untuk di sekitar wilayah perbaikan.

Kemudian dilakukan kegiatan Wash Out pipa besar dengan kapasitas debit 1.000 liter/detik di Wilayah Sidoarjo sampai dengan Gresik oleh PT Meta Adhya Tirta (Operator Umbulan). Dengan adanya wash out (penggelontoran kotoran di pipa) untuk pipa besar air Umbulan baru, di mulai pada hari Sabtu (19/06/2021),pukul 10.00 hingga pada hari Senen (21/06/2021), pukul 12.00 siang.

Adapun wilayah-wilayah yang terdampak yaitu Kecamatan : Jabon, Porong, Tanggulangin, Tulangan Candi, Sidoarjo, Buduran, Gedangan

Tidak berdampak serius pada warga. Tetapi untuk sementara waktu ini pendistribusian air sangat kecil bahkan nyaris tak mengalir, bahkan dari aliran air yang masih keluar juga tak sejernih biasanya. Pendistribusian air akan kembali lancar saat kegiatan tersebut selesai.

Mengecilnya suplai air PDAM cukup dirasakan sebagian warga di Sidoarjo. Seperti di daerah Perum Kahuripan Nirwana, air PDAM bahkan pada malam hari pun tidak ”Kalau siang butuh air, harus nyedot langsung dari pipa PDAM dengan mesin pompa. Kalau tidak begitu, airnya tidak keluar,” kata Nyonya Ugi (32), warga perumahan Kahuripan Nirwana, Sidoarjo.

Sementara warga yang lain, Yuni (45), mengaku, sejak air PDAM mengalir kecil, dirinya harus bijak memanfaatkan air bersih. Langkah yang dilakukan adalah membatasi penggunaan air untuk keperluan yang tidak penting, juga untuk membersihkan badan.

Hariyadi selaku Kasubag Humas dari PT.Delta Tirta, Sidoarjo memastikan keadaan masih terkendali, tetap aman dan tidak ada dampak yang serius.
” Dari awal kami selaku management dari PT. Delta tirta, Sidoarjo, menghaturkan maaf sebesar-besarnya kepada semua pelanggan atas gangguan yang terjadi. Pihak Management pun sudah memberikan pengumuman sebelum kegiatan atau perbaikan tersebut dilakukan bahkan kami juga meminta warga atau para pengguna untuk menampung air sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi gangguan tersebut.
Adapun perbaikan – perbaikan tersebut dilakukan juga demi kelancaran dan kenyamanan pelanggan pula untuk jangka panjang ” Ujar Hariyadi.

@red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button