NasionalNewsPemerintahan

Harkitnas 2022, Gubernur Khofifah Ajak Teladani Semangat Boedi Oetomo

Surabaya – Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 114 makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Tema tersebut dipilih dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Saat membacakan naskah sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam upacara bendera peringatan Harkitnas 2022, Jumat (20/5/2022), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas.

Tiga isu prioritas tersebut adalah Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan.

“Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia tersebut merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini. Di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat,” tegas Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Indonesia, lanjut Khofifah, terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Gubernur Jatim juga menggarisbawahi, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

“Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” pungkasnya. @ njb

Related Articles

Back to top button