NasionalNewsPolresatabes

Tabur Bunga Ke Laut Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan Nasional

Surabaya – Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo menghadiri upacara sekaligus menabur bunga ke laut dalam rangka memperingati Hari Pahlwan yang digelar di Markas Komando Armada II Surabaya. Penaburan bunga tersebut merupakan untuk mengenang heroisme pertempuran surabaya 10 november 1945 pada Rabu 10 November 2021.

Pelaksanaan upacara tersebut, bertempat di anjungan kapal perang Republik Indonesia KRI Frans Kaisepo. Kemudian Panglima Koarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto, memimpin jalannya upacara peringatan hari pahlawan mengenang jasa para pahlawan, yang gugur di medan pertempuran di kota Surabaya pada 10 november 1945.

Dalam amanat pidatonya Panglima Armada II menyebutkan, pertempuran di surabaya merupakan kemenangan rakyat Indonesia melawan sekutu, dimana Jenderal Malaby dari inggris yang merupakan pihak tentara sekutu, tewas di surabaya.

“Kota Surabaya adalah titik perlawanan bangsa Indonesia, yang mampu mempertahankan kemerdekaan negara, dari arogansi asing yang dimotori oleh Bung Tomo, dan KH. Hasyim Asy’ari dan seluruh warga Surabaya saat itu,” terang Laksda Iwan.

Kemudian, beliau juga menyampaikan beberapa pahlawan Bung Tomo yang merupakan sebagai figur penting, dalam pertempuran Surabaya, dan dalam sejarah revolusi nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia.

“Melalui pidato Bung Tomo, yang menggelorakan kota Surabaya gagal dikuasai oleh tentara sekutu,” jelas Panglima Armada Dua.

Pahlawan nasional Soetomo, atau yang akrab disapa Bung Tomo ternyata tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ngagel Rejo Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo yang hadir pada saat itu, berharap kepada seluruh masyarakat khususnya para generasi muda Indonesia, khsusnya Warga Kota Surabaya tidak melupakan jasa para pahlwan terdahulu yang berjuang mati-matian dalam kemerdekaan Indonesia.

“Negara yang besar adalah Negara yang tidak melupakan jasa para pahlawannya,” tuturnya. @ njb

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button