DaerahEdukasiNasionalNewsTNI-ku

Danramil 0819/06 Nguling Sosialisasi Bersama Bakesbangpol

Pasuruan – Dalam meningkatkan kewaspadaan di wilayah, Danramil 0819/06 Nguling Kapten Arh Iswanto mewakili Kodim 0819/Pasuruan sebagai Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini dan Cegah Dini dalam konflik bermasyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan dengan mengundang Danramil 06/Nguling untuk sosialisasi dan memberikan sambutan serta materi Deteksi Dini dan Cegah Dini kepada masyarakat khusunya kepada generasi muda di balai desa Sudimulyo, kecamatan Nguling, Kamis (16/12/2021).

Dalam sambutannya Iswanto menyampaikan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai suatu badan atau mitra Pemerintah Daerah yang dapat membantu memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai tata cara pencegahan dan penjaringan informasi-informasi yang berpotensi menimbulkan konflik sebagai upaya pemerintah daerah dalam melaksanakan deteksi dan cegah dini, sehingga diharapkan badan atau lembaga Kesatuan Bangsa dan Politik dapat membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai informasi-informasi apa saja yang perlu disaring dengan tujuan agar tidak menimbulkan keributan atau konflik yang fatal.

Ditambahkannya bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini diharapankan supaya masyarakat khusunya generasi muda tidak mudah terprovokasi akan informasi-informasi yang kurang valid, dan diharapkan pemahaman akan informasi-informasi yang masuk untuk disaring terlebih dahulu agar konflik tidak terjadi, sehingga sinergitas antara masayarakat dan pihak yang berwenang dalam penertiban dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya dalam sambutan Najib anggota DPRD Komisi 1 Kab Pasuruan menyampaikan bahwa keterlibatan pemerintah dan masyarakat hendaknya terintegrasi dikarenakan dalam melaksanakan semua hal harus turut melibatkan masyarakat, sehingga keterlibatan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung sangat dibutuhkan. Oleh karena itu pemerintah membutuhkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat agar apa yang menjadi tujuan bersama dicapai tentunya dengan cara yang konstruktif. Berkenaan dengan hal tersebut maka harus terjalin koordinasi agar semua informasi yang beredar dapat ditampung dan disaring kembali, bukan hanya oleh pihak tertentu saja tetapi masyarakat juga dapat membantu menjaga stabilitas daerah.

Acara tersebut dihadiri Kapten Arh Iswanto sebagai Narasumber, Solikin sebagai moderator, Eko Suryono Praktisi Hukum, Najib Anggota DPRD Komisi 1 Kab. Pasuruan, Kades Sudimulyo, Babinsa serta warga Masyarakat dan generasi muda. @dik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button