HukrimPolres Tanjung Perak

Polsek Asemrowo Tangkap Pengutil Kabel Milik PT. TELKOM di Jalan Kalianak

Surabaya – Aparat Kepolisian Sektor Asemrowo Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ungkap kasus pencurian kabel milik PT. TELKOM INDONESIA yang ada di Jalan Kalianak Timur Surabaya.

Dalam hal ini, seorang pelaku berhasil diamankan beserta barang buktinya yaitu sebuah Tas punggung warna hitam, 2 (dua) buah kunci pas, sebuah kunci inggris, 1 (satu) surat jalan palsu, sebuah gunting besi dan 48 meter kabel udara berisi tembaga 100 pare diameter 06 Mm.

Tersangka adalah Nurkholis (33 tahun) asal Desa Kimaronggik Kabupaten Sampang Madura atau berdomisili di Jalan Tambak Pring Utara Surabaya. Dia tertangkap pada hari Rabu tanggal 30 November 2022, sekira pukul 15.00 Wib.

Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan, menyebutkan, pengungkapan kasus pencurian kabel milik PT. TELKOM ini, bermula dari aduan masyarakat, selanjutnya dilakukan penyelidikan oleh Opsnal Reskrim.

“Penyelidikan tersebut berbuah hasil. Tersangka ditangkap saat turun dari diatas atap rumah warga usai mengutil kabel milik PT. TELKOM,” kata Kompol Hari Kurniawan, Selasa (13/12/2022).

Adapun cara yang dilakukan oleh tersangka dalam melancarkan aksinya yaitu berbekal alat-alat sarana yang diamankan ini. Sehingga PT. TELKOM mengalami kerugian sebesar Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah).

“Selain itu, perbuatan yang dilakukan oleh tersangka Single Fighter atau sendirian tanpa ada bantuan dari orang lain dalam melancarkan aksi kejahatannya,” lanjut Kompol Hari Kurniawan.

Kompol Hari Kurniawan juga menjelaskan, aksi kejahatan yang dilakukan oleh tersangka sudah dilakukan sebanyak dua kali. Hal ini dibenarkan atas pengakuannya saat diinterogasi.

“Untuk uang hasil curiannya, dibuat makan sehari-hari karena penghasilan sebagai kuli dinilai oleh tersangka masih kurang,” jelas Kompol Hari Kurniawan.

Guna mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, kini tersangka meringkuk di Sel Tahanan Mapolsek Asemrowo dan dijeratkan dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. @ros

Related Articles

Back to top button