DaerahEdukasiNasionalNewsPolres Bangkalan

Majukan Bangkalan, AKBP Alith Alarino Gelar Dialog Bersama Mahasiswa

Bangkalan – Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino, S.I.K., melaksanakan dialog bersama mahasiswa (Diagram) PC IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Bangkalan untuk saling menyampaikan gagasan dan menjalin kerja sama demi memajukan Kabupaten Bangkalan dalam Sitkamtibmas yang aman dan Kondusif.

Pelaksanaan Diagram yang tergelar di ruang K3i Polres Bangkalan ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat dan dihadiri KBO Satintelkam Iptu Nurul Hidayat, S.H., serta Kanit 3 Satintelkam Ipda Sugiono.

Hadir pula Ketua Umum PC. IMM Bangkalan Syah Alam Haikal Akbar, Sekretaris bidang Organisasi PC. IMM Bangkalan Nur Mufillahun, Sekretaris Umum PC. IMM Bangkalan Roisyatul Izza, Ketua bidang SPM Dina Shofi, Ketua Bidang Organisasi Anas Arif, Ketua Bidang Medkom Nisya Dwi Faroni.

Dalam sambutannya Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino, S.I.K., menyampaikan, Dialog Bersama Mahasiswa atau Diagram merupakan atensi Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur.

“Diagram ini, merupakan salah satu program Kapolda sebagai sarana komunikasi antara kepolisian dengan mahasiswa di wilayah Jawa Timur khususnya Kabupaten Bangkalan,” ujar AKBP Alith Alarino, S.I.K., diawal acara kegiatan tersebut, Selasa (15/04/2022).

Lanjut AKBP Alith, mahasiswa merupakan penancap tombak peradaban yang berfungsi sebagai kontrol sosial di masyarakat. Termasuk memberikan kritik yang membangun.

“Peran mahasiswa paling dibutuhkan di era 4.0 saat ini. Karena mereka adalah ujung tombak perubahan yang peduli terhadap bangsa maupun daerahnya,” sebut Perwira yang pernah menjabat Pamen Bareskrim Polri itu.

Diagram berdasarkan intruksi dari DPP IMM pusat mengintruksikan mengecam segala bentuk tindakan represif oleh Kepolisian jika ditemukan di wilayah hukum tersebut.

AKBP Alith mengakui bahwa di wilayah Kabupaten Bangkalan belum ada tindakan tersebut, karena Polres Bangkalan sering membantu segala bentuk kegiatan dari Mahasiswa maupun organisasi lainya.

“Kami sampaikan untuk saat ini Polres Bangkalan mengedepankan tindakan humanis namun jika ada tindakan berlebihan atau represif itu hanya seorang segelintir oknum,” ucapnya.

Bulan depan sudah memasuki bulan Ramadhan, pastinya kegiatan masyarakat akan meningkat seperti kegiatan Sholat Tarawih, Pasar takjil dan lain-lain serta kebutuhan hidup juga akan meningkat.

“Tentunya kita perlu mengantisipasi bersama untuk bisa menjaga Kamtibmas yang paling sederhana, kita harus bisa menjadi polisi bagi diri kita dan keluarga kita,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap, agar sinergi antara Polres Bangkalan dan PC. IMM Bangkalan yang sudah terjalin agar tetap solid dalam menjaga Kondusifitas Kamtibmas untuk memajukan Kabupaten Bangkalan khusunya di bidang Keamanan.

“Untuk di wilayah Kecamatan Kamal khususnya di Kampus UTM, kami bekerjasama dengan Mas Taufik untuk menjaga kemananan daerah Kampus dengan berpatroli bersama,” tukasnya. @ros

Related Articles

Back to top button