News

Piala Presiden 2020 Event Karapan Sapi, ini Penjelasan Wabup Bangkalan

Surabaya – Event karapan sapi dalam rangka memperebutkan Piala Presiden 2022 di Stadion Karapan Sapi R.P Moh Noer, Kampung SKEP, Bangkalan, yang digelar pada Minggu (6/10/2022), antusias dihadiri ribuan masyarakat.

Enam dari dua puluh empat pasang sapi karapan berhasil mencatatkan namanya di sejarah kejuaraan karapan itu setelah menduduki podium bagian satu sampai tiga golongan menang, dan satu sampai tiga golongan kalah.

Bandar Jawara sepasang sapi karapan dari Pamekasan Madura, yang menduduki podium 1 dalam kategori golongan menang, merasa senang atas posisi yang telah diraihnya.

Prabu Sakti sepasang sapi karapan dari Sampang menduduki podium 2 dan Wiratama Bhayangkara menduduki podium 3 dalam kategori golongan menang.

Sedangkan dalam kategori golongan kalah podium 1 diduduki Jet Matik sepasang sapi karapan dari Sampang dan podium 2 diduduki Cumi Asam Manis sepasang karapan sapi dari Sampang serta podium 3 diduduki sepasang sapi dari Kabupaten Pemekasan.

Penyerahan hadiah yang diserahkan secara simbolis oleh Istri Bupati Bangkalan Zaenab Zuraidah Latif mewakili Bupati Bangka dan Wakil Bupati Bangkalan Mohni, berlangsung meriah dan kondusif.

Menurut penjelasan Wakil Bupati Bangkalan, bahwa karapan sapi adalah budaya Madura yang perlu dilestarikan.

“Ini merupakan produk budaya Madura yang luar biasa daya tariknya. Maka saya ingin menyampaikan suatu hal, hindari penggunaan kekerasan pada sapi yang dilombakan,” ucapnya.

Sebagai warisan budaya, Mohni menyebut, promosi Karapan Sapi terus dilakukan. Menurut dia, upaya itu membuahkan hasil. Terbukti, minat wisatawan domestik hingga pelancong luar negeri ikut menyaksikan perhelatan karapan sapi di Madura.

“Kegiatan ini sangat memicu antusiasme masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke Bangkalan. Maka kami berharap tahun depan Kerapan Sapi bisa digelar lagi di Bangkalan,” tutupnya. @ros/njb

 

Related Articles

Back to top button