Pemerintahan

Berikan Arahan, Wali Kota Probolinggo Sosialisasi Masyarakat Bisa Mengelola Sampah

Probolinggo – Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mendorong masyarakat agar bisa mengelola sampah. Selain bisa menghasilkan uang, adanya pengelolaan sampah yang baik akan berdampak pula pada lingkungan yang lebih baik.

Harapan itu disampakan Walikota saat memberikan materi ke Kelompok Masyarakat (Pokmas) Tunas Harapan Bersama Kelurahan Triwung Kidul, Senin (07/11/22).

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, pengelolaan sampah merujuk pada 3 M. Mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang, yang mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah sesuai dengan keinginan dari segi minimalisasi sampah.

“Dari sampah yang diolah, nantinya diharapkan punya nilai ekonomis dan mampu mengelolanya. Jangan latah ikut-ikutan yang sedang trend tapi jadilah trendsetter di bidang persampahan ini,” ujar Habib Hadi kepada media ini.

Pengelolaan sampah meliputi pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, mendaur ulang dari material sampah, material sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan atau estetika.

“Saya tertarik pada kalimat Ketua Pokmas yang seharusnya menyebutkan pengolahan sampah bagi masyarakat menjadi sampah masyarakat, itu luar biasa. Itu menjadi dua hal fungsi yang harus kita laksanakan. Mari kita bersihkan bersama-sama, jangan sampai sampah-sampah tadi bermunculan di Kota Probolinggo khususnya di wilayah Kelurahan Triwung Kidul,” tegasnya

Hadi juga menyampaikan, pentingnya melakukan pengelolaan jenis sampah untuk memulihkan sumber daya alam. Dalam hal ini resources recovery, dengan melibatkan pada upaya pengelolaan sampah, zat padat, cair, gas atau radioaktif dengan metode dan keterampilan khusus untuk masing-masing jenis zat.

Tidak hanya itu, Hadi juga menjelaskan permasalahan yang paling melekat di masyarakat, dimana sampah sebagai tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air dan udara serta menjadi sumber dan tempat hidup kuman.

“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita semua, Kalau butuh peralatan seperti excavator atau bego, sampaikan. Nanti kita datangkan,” tutupnya. @Dieft

Related Articles

Back to top button