News

Aksi Nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Kelompok 030 KKN Ubhara

Surabaya – Aksi Pelayanan Mahasiswa Universitas Bhayangkara dalam merealisasikan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan mengusung tema “Meningkatkan Pengetahuan Penggunaan Media Digital Pada Masyarakat Untuk Mendongkrak Ekonomi Dan Kamtibmas Di Era Society 5.0”, ke-14 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 030 KKN Universitas Bhayangkara Surabaya merealisasikan Tri Dharma Masyarakat di Kelurahan Gununggedangan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Kedatangan mahasiswa disambut baik oleh Walikota Mojokerto, Hj. Ika Puspitasari, S.E. Sekretaris Daerah, Gaguk Tri Prasetyo, ATD., M.M. Kepala Diskopukmerindag, Ani Wijaya, S.E. Lurah Gununggedangan, Andika Dewantara, S.STP., M.Med.Kom.

“Alhamdulillah kami diterima dengan baik bahkan Walikota Mojokerto Ning Ita langsung menerima kami secara langsung, ” kata Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 030 KKN Universitas Bhayangkara Surabaya, Indah Noviandari kepada reporter Hello Jatim di Surabaya, Rabu (21/12).

Pada dialog tersebut, tambah Indah, pihaknya memaparkan mengenai tujuan dan kesiapan Program Kerja KKN, meliputi, 1. Instalasi CCTV sebagai sarana kamtibmas modern, pada balai RW 09 Kelurahan Gununggedangan dan TPU Mbah Derpo (yang menjadi rawan tindak criminal), 2. Laporan Keuangan sederhana bai pelaku UMKM, 3. Pembuatan cabai merah bubuk rumahan bagi ibu-ibu anggotaa PKK Kelurahan Gununggedangan, 4. Pembinaan pembuatan tampilan produk agar menarik bagi pelaku UMKM Kelurahan Gununggedangan, 5. Pembinaan pemasaran produk digital melalui aplikasi ShopeeFood, GrabFood, GoFodd, dll bagi pelaku UMKM Kelurahan Gununggedangan, 6. Aksi sosial tebus murah nasi bungkus dan makan gratis untuk pekerja informal, ojek online, petugas kebersihan Bersama perkumpulan Sahabat Sosial Berbagi, 7. Sosialisasi pencegahan Narkoba & LGBT di Sekolah Menengah Kejuruan, 8. Sosialisasi menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan sosial dan lingkungan digital.

Sedangkan Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto Ika Puspitasari sangat senang dengan adanya kegiatan Kelompok 030 KKN Ubhara ini.

“Program sudah baik, untuk pengaplikasian silahkan dilakukan dengan baik, semoga bermanfaat untuk masyarakat Kelurahan Gununggedangan.” Jelas Ning Ita.

Ning Ita juga berpesan agar para mahasiswa tetap semangat dalam berkuliah dan melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, dengan harapan dapat bermanfaat bagi diri sendiri terlebih bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia.

Selanjutnya, pembukaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilaksanakan di Gedung R. Wijaya Kelurahan Gununggedangan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Lurah Kelurahan Gununggedangan pak Andika Dewantara, Dosen pembimbing lapangan ibu Indah Noviandari, SE., M.Si., staff kelurahan dan juga beberapa tokoh masyarakat.

@deft

Related Articles

Back to top button