Kemenkumham

Panen Perdana Ulat Jerman, Ciptakan Produk Unggulan dari Rutan Gresik

Hallo Gresik – Salah satu program pembinaan kemandirian yang berada di ruang Bimbingan Kerja Rumah Tahanan Negara Kelas IB Gresik Kanwil Kemenkumham Jatim mulai merintis budidaya Ulat Jerman.

Ulat Jerman atau yang dikenal dengan sebutan super worm adalah jenis ulat yang banyak digunakan sebagai pakan reptil, burung, unggas, dan ternak lainnya.

Selain itu Ulat Jerman juga bisa digunakan sebagai tambahan bahan baku produk kecantikan karena kandungan proteinnya yang bagus untuk kulit. Di era sekarang, budidaya Ulat Jerman dapat potensial menjadi peluang usaha karena banyak manfaat yang dihasilkan.

Pada hari ini, Ruang Bimbingan Kerja Rutan Kelas I1B Gresik melakukan panen Ulat Jerman perdana yang mana hasil dari panen tersebut akan di proyeksikan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri namun tidak memungkiri dapat di ekspor ke luar negeri.

Langkah ini menciptakan kesempatan baru untuk mengenalkan produk unggulan dari Rutan Kelas IIB Gresik.

Karutan Gresik menyampaikan apresiasinya atas budidaya Ulat Jerman ini. “Diera ekonomi global sekarang sangat ketat persaingan ditambah dengan ketekunan dan manajemen yang baik, budidaya Ulat Jerman bisa menjadi peluang usaha yang menjajikan untuk warga binaan setelah mereka terjun di masyarakat nantinya”
Ujar Disri.

Diharapkan dengan adanya inovasi budidaya Ulat Jerman ini, warga binaan dapat belajar dan menekun budidaya ini sehingga hal ini dapat menjadi bekal warga binaan sebagai peluang membuka usaha sendiri selepas mereka bebas nanti. (Red)

Related Articles

Back to top button