DaerahEdukasiPemerintahan

Lepas upacara PemDes Kebaron lanjut tabur bunga di Makam Umum

Sidoarjo – Sebagai wujud rasa syukur dan kebahagiaan yang mendalam, seluruh rakyat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77, dari berbagai lomba, tasyakuran, upacara bendera hingga ziarah ke makam pahlawan dan leluhur di lakukan.

Hal ini sebagai bentuk jiwa patriotisme dan nasionalisme yang digerakkan Pemdes Kebaron, berharap generasi penerus bangsa tidak akan lupa akan jasa para pahlawan khususnya pahlawan di Desa Kebaron.

Bersama jajaran setelah mengikuti upacara bendera di Kec.Tulangan, PemDes Kebaron langsung menuju makam umum, tepat pada pukul: 09.00 wib, didampingi istri tercinta Sri Surnanik, juga ikut dalam doa bersama dan tabur bunga. Ziarah dipimpin oleh Ustad M. Khoirul Izzah, Ketua NU/ Rois Surya dari pengasuh ponpes Al Falah, Rabu (17/08/2022).

Setelah doa dan pembacaan tahlil bersama selesai, Pemdes langsung menabur bunga di makam para leluhur, makam mantan Lurah dan selanjutnya ke makam para pahlawan yang gugur di Medan perang.

Kades Kebaron didampingi istri tercinta, berserta jajaranya.

H. Suwito, selaku Kepala Desa menyampaikan “ucapan syukur atas terselenggaranya semua kegiatan, dan sesuai dengan tema yaitu Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, dengan ini kita semua mengenang jasa para pahlawan, dan generasi penerus kita harus mengisi Kemerdekaan RI, dengan sesuatu hal yang positif, semangat tinggi, dan tetap berpegang pada UUD 45 dan NKRI” terangnya.

“Dengan diadakannya tabur bunga di makam pahlawan, kita mengenang jasa pahlawan khususnya pahlawan Desa Kebaron, yang telah berjuang merebut Kemerdekaan RI hingga titik darah penghabisan,” imbuhnya.

“Tabur bunga ini adalah inisiatif dari Bapak Kades, untuk mengenang para leluhur dan para pejuang, dan semoga diberikan ketenangan di alamnya, dan diberikan tempat yang penuh Rahmat pada Allah SWT sebagai bentuk syukur kita bisa bersujud di bumi Indonesia, semua berharap generasi penerus tetap akan meneruskannya karena ini adalah hal yang positif,” ucap ustad M. Khoirul, saat di wawancara media ini setelah acara selesai.

Makam umum ini luasnya kurang lebih 5000 m², ada 7 makam pejuang , dan 4 makam mantan kades, dan juga makam para leluhur.

Sunyoto selaku Sekertaris Desa memaparkan untuk mengenang para pahlawan namanya kita abadikan, dengan nama jalan, contoh seperti Jl. Sertukarjalim, jalan utama dari jalan raya menuju ke kebun petik jambu, memasuki desa Keret ada Jl. Serda Drani, Jl. Serdajo veteran, dan dari mantan kades juga dari pejuang Kapten Muhammad dari anggota kepolisian,” terangnya.

“Semoga remaja karang taruna, ormas Ansor, dan seluruh pemuda pemudi untuk mengenang jasa pahlawan, menciptakan suatu inovasi yang positif dan tetap Bersinergitas demi keharmonisan,” imbuhnya Nyoto.
@deft

Related Articles

Back to top button