DaerahNews

Kapus Tanah Merah Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona Dan Stunting dalam Rapat Mini lokakarya Lintas Sektor

BANGKALAN  ||  HALLOJATIMNEWS – Meski belum ada laporan adanya warga yang terjangkit Virus Corona yang saat ini menjadi salah satu perhatian dunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan melalui Puskesmas Tanah Merah terus meningkatkan pengawasan serta antisipasi sejak dini.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menyampaikan sosialisasi Pencegahan tertularnya Virus Corona dan pencegahan Stunting dalam rapat Minilokakarya Tribulan Lintas Sektor Kecamatan Tanah Merah.

Rapat yang di adakan di Aula Kecamatan Tanah Merah dan dihadiri oleh berbagai elemen Masyarakat dan juga hadir pula Kantibmas dan Babinsa setempat Kamis (12/03/2020).

Di dalam Rapat tersebut Sukron selaku Kepala Puskesmas Tanah Merah Menyampaikan Meminta Masyarakat supaya tidak panik dan resah terhadap Virus Corona.

Sukron juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat semakin paham dengan cara pencegahan dan penularan virus corona, khususnya memeriksa diri atau keluarga.

“Saya berpesan kepada warga Kecamatan Tanah Merah agar jangan terlalu panik dan tetap waspada dan selalu budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti biasakan cuci tangan pakai sabun, makan makanan bergizi seimbang dan Rajin olahraga,”Pinta nya.

Sedangkan Untuk upaya pencegahan Stunting Sukron Menyampaikan,”

“Upaya pencegahan stunting perlu ditingkatkan untuk menurunkan angka kejadian stunting dan mencegah terjadinya dampak yang ditimbulkan. Peran orang tua sangat penting yaitu dengan memberikan ASI eksklusif, dan menjaga hygiene sanitasi agar sejak dini balita mendapatkan asupan gizi yang cukup dan terhindar dari penyakit infeksi. Sedangkan peran tenaga kesehatan juga tidak kalah penting seperti bidan desa dan kader posyandu yaitu mengingatkan dan menyadarkan orang tua untuk melakukan hal tersebut, sosialisasi edukasi gizi kesehatan kepada ibu hamil dan orang tua balita, memantau pertumbuhan bayi balita setiap bulan di posyandu. Pemantauan tinggi badan balita menurut umur merupakan upaya mendeteksi dini kejadian stunting agar dapat segera mendapatkan penangan untuk menunjang tumbuh kembang pada anak dan balita sehingga dapat mencegah terjadinya Stunting.” Tutup nya.

Penulis : Aris

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button