Polda Jawa Timur

Kapolda Jatim Bersama Walikota Surabaya Louncching ETLE Resmi Berlaku Hari Ini

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS,com – Bertempat di Gedung Mahameru, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si telah melakukan launching ETLE ( Electronic Trafik Low Envorcement).Hadir dalam giat tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, Kasdam V Brawijaya Brigjend TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, S.I.K., Sekwilda Propinsi Jatim Heru Tjahjono, Walikota Surabaya Ibu Dr. Ir.Tri Rismaharini, M.T., Pejabat Utama Polda Jatim dan stake holder yang lainnya.Kamis (16/1/20). Sekitar pukul 08.00 wib.

Dalam giat tersebut Kapolda Jatim menyatakan bahwa atas kerja sama dengan stake holder yang lainnya diantaranya Walikota Surabaya, hari ini kita launching ETLE dan saya berharap Propinsi Jatim menjadi pilot proyek dalam segala hal atau kegiatan. Dengan program ETLE tersebut dimaksudkan menindak pelanggar lalau lintas dengan memanfaatkan tehnologi digital sehingga lebih efektif dan efisien.

Setelah penyerahan cinderamata dari Kakorlanatas kepada Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim, serta penyerahan cinderamata dari Kapolda Jatim kepada Kakorlantas, dilanjutkan dengan penekanan tombol oleh Kapolda Jatim, Kakorlantas Polri, Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim sebagai tanda dilaunchingnya program ETLE.

ETLE sendiri berfungsi lebih mudah bila pengendara melakukan pelanggaran dijalan dan terekam ETLE secara otomatis pelanggar akan langsung melakukan pembayaraan ke Bank.

Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Drs. Istiono saat dikonfirmasi media ini mengatakan mulai hari ini Louncing ETLE baru pertama ini diberlakukan di propinsi jatim dan pertama dalam progam ETLE yang di gagas ibu walikota surabaya, sistem ETLE sendiri dengan secara otomatis memotret bagi pelanggar pengendara jalan bila melakukan pelanggaran, sedangkan untuk wilayah kab. Sendiri akan secara otomatis mengikuti progam ETLE.

Masih kata Kakorlantas polri menghimbau pengendara jangan coba – coba melanggar Rambu lalin terutama di trafig ligt yang terpasang CCTV pasti bisa tercover. Hingga pemgendara tadi secara otomatis akan kena tilang, Budayakan berlalu lintas senjak dini, ” Ungkap Irjen Pol. Drs. Istiono

Kapolda jatim Irjen Pol Luki Hermawan M. Si dalam sambutanya mengatakan, untuk sementara ini di wilayah surabaya sendiri sudah banyak terpasang CCTV, tapi masih ada 20 Kamera di setiap titik yang terpasang.

Sementara itu Luki mengatakan progam E. Tle ini sangat bagus sekali bagi pengendara agar tertib dalam berlalu lintas. Seperti yang telah disampaikan Kakorlantas tadi dalam sambutanya, ” Kata Luki.

Sementara itu Dirlantas polda Jatim Kombes Pol. Budi Hendra Dermawan mengatakan sebelumnya sudah mensosialisasikan E tilang surabaya selama seminggu hingga minggu kedepan menggunakan 25 kamera CCTV di 20 titik di tiap tiang lampu merah surabaya, sedangkan pemberlakuan e tilang ini sendiri akan diberlakukan per tanggal 14 januari 2020,” Kata Dirlantas Polda Jatim.

Uji coba seluruh CCTV tersebut hanya mengawasi pelanggaran lalu lintas di kota surabaya, terutama bagi pemilik mobil berplat L dan W. Secara otomatis bagi pengendara yang melakukan pelanggaran secara langsung surat pemberitahuan akan dikirim secara langsung ke alamat pemilik kendaraan.

Ditambahkan Dirlantas polda jatim menegaskan bila dalam pemberirahuan surat tersebut tidak dihiraukan maka secara otomatis selama 10 hari maka STNK akan diblokir oleh Dirlantas polda Jatim, ” tegas Kombes Pol Budi.( PRI).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button