Polda Jawa Timur

Kapolda Jatim Sambut Kedatangan Jenazah Almarhum Gus Solah Di Bandara Juanda

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Bertempat di Bandara Juanda Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi., Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs.Luki Hermawan M.si dan pejabat Instansi terkait lainnya mengantarkan Jenazah Gus Solah yang tiba di Jawa Timur Pada Hari Senin ( 3 Februari 2020) sekitar pukul 10.45 WIB, yang nantinya Jenazah akan dibawa Langsung menuju Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur Untuk Di Semayamkan di Rumah duka di Jombang Jawa Timur.

Jenazah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) disambut oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim beserta Pangdam V Brawijaya di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Senin (3/2/2020).

“Ibu Gubernur hari ini menyambut jenazah Gus Sholah di bandara,” ujar Kabid humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo ketika dikonfirmasi di Surabaya.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB, Senin, ” Jenazah diterbangkan menggunakan pesawat milik Lion Group dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB. Sementara jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB.

“Setelah menyambut jenazah, Ibu Gubernur dan Kapolda Jatim juga menghadiri langsung pemakaman Gus Sholah di Tebuireng,” kata Trunyudo yang saat ini menjabat Kabid Humas Polda Jatim tersebut.

Rencananya jenazah Gus Sholah dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng sekitar pukul 16.00 WIB.

Gus Sholah, tutup usia setelah sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu (2/2/2020).

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid saat dikonfirmasi media ini mengemukakan bahwa ayahnya mengalami komplikasi sakit jantung setelah sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita. “Ada masalah di jantung, ada cairan di selaput jantung dan dioperasi pada Jumat (31/1) itu,” kata Ipang Wahid, sapaan akrabnya.

Gus Sholah adalah adik kandung dari Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

 

Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun.

Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat pada masa awal reformasi 1998.

Salahuddin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM beliau wafat karena sakit pada hari Minggu 2 Februari 2020.(@Pri).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button