Polda Jawa Timur

Kapolda Jatim Gelar Lomba Blogger “Kampung Tangguh Semeru” Sambut Hari Bhayangkara ke 74 Polri 2020

Laporan Wartawan Hallo Jatim News,  Hand.

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Kampung tangguh semeru, adalah model pemolisian kolaboratif dengan kekuatan pada peran serta seluruh elemen masyarakat. KTS berbasis Problem Oriented Policing dengan mencegah dan memecahkan masalah yang di hadapi masyarakat di era pandemi Covid19. Konsep ini diunggulkan Kapolda Jatim Irjen Dr. M Fadil Imran M,Si khususnya dalam menghadapai Pandemi Covid19 saat ini di wilayah Jawa Timur.

Jauh sebelumnya, Kapolda Jatim saat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat. Sudah mengusung konsep Kampung Aman bebas dari masalah Kriminalitas dan Narkoba.

Kampung Tangguh Semeru merupakan implementasi dari swadaya serta partisipasi masyarakat yang secara mandiri untuk menghadapi tantangan spesifik yg sama di tengah-tengah masyarakat. Maka masyarakat secara swadaya mandiri berpartisipasi membentuk daya lawan melalui komunitas terkecil dari Tingkat RT/RW, dusun bahkan desa.

Komunitas terkecil ini akan tangguh mengingat memiliki pranata sosial terdepan, lebih homogen, dan perangkat yg unsur elemen masyarakatnya memberikan kontribusi untuk wilayah tersebut. KTS akan efektif karena berbasis komunitas – komunitas RW di perkotaan dan atau dusun pada kabupaten.

Kampung tangguh melibatkan elemen dari mulai perangkat RT/RW, Dusun bahkan desa dan juga tidak terlepas peran TNI/Polri (Babinsa dan Bhabinkamtibmas) selaku security assesor.

Perkembangannya sangat dinamis dan masing-masing spot wilayah Kampung tangguh semeru memiliki daya kreatifitas yg berkembang dan berbeda beda sebagaimana karakteristik kemampuan masyarakatnya dan sumber daya yang dimiliki setiap RT/RW.

Fungsi akademis dalam hal ini universitas atau perguruan tinggi juga diperlukan untuk lakukan asistensi dan bahan kajian. Begitu pula dengan penulis-penulis kaum akademis, media, blogger dan lainnya akan lebih dinamis lagi menjadi sumber pengetahuan sebagai langkah edukasi dan informatif ke segala penjuru daerah melalui tulisan blogger.

Semua peran elemen masyarakat sangat diperlukan, disini baik aspek pengembangan maupun pemikiran kritis membangun agar membuat masyarakat sebagai Individu Tangguh dalam menghadapi persoalan-persoalan sosial maupun menciptakan kondusifitas dan bebas Covid19.

Polda Jawa Timur akan menggelar Lomba Blogger Polri (Polda Jatim) sebagai wujud menciptakan pemikiran – pemikiran kritis membangun edukasi Kamtibmas dan masalah sosial melalui bahasan Kampung Tangguh Semeru yang di gagas langsung oleh Kapolda Jatim bersinergi dengan Forkopimda dalam rangka Hari Bhayangkara ke 74 Polri pada 1 Juli 2020.

Guna memberikan Pengabdian Polri di Polda Jatim kepada masyarakat Indonesia khususnya propinsi Jawa Timur.

Nantinya lomba Blogger ini akan dimulai pendaftaran pada tanggal 22 sampai 23 Juni 2020, sementara lomba akan dimulai tanggal 24 sampai 28 juni 2020. Dalam lomba Blogger ini juga mempunyai tagline: “Ayo Jogo Jawa Timur, Bekerja Bersama untuk Jawa Timur yg lebih aman dan Bebas Covid19”.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button