Breaking NewsDaerahNasionalNewsPemerintahan

Untuk Menunjang Terpenuhnya Air Baku, Anggota DPR RI Komisi V Dorong Pembangunan Long Storage

Sidoarjo – Kondisi Long Storage yang berada di Desa Kalimati Kecamatan Tarik sejak dimulai pembangunan di tahun 2017 lalu, masih belum dimanfaatkan dengan optimal sebagai sumber air baku dan masih belum beroperasional.

Kondisi tersebut menjadi perhatian oleh Anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sigit Sosiantomo saat melakukan Kunjungan Kerjanya ke Long Storage Kalimati Tarik pada Senin pagi (21/02/2022).

Kedatangan Sigit Sosiantomo bersama empat anggota dewan lainnya itu, disambut hangat oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko.

Dikatakan Sigit, kami akan mendorong keberlanjutan Long Storage Kalimati agar segera dapat dimanfaatkan. Pasalnya, keberadaan Long Storage Kalimati ini sangat penting dalam menunjang terpenuhinya air baku bagi warga masyarakat Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto.

“Kabupaten Sidoarjo ini sebagai kabupaten penyangga Kota Surabaya yang memiliki kebutuhan air baku yang cukup tinggi, dan di Sidoarjo inj merupakan wilayah industri dengan jumlah perumahan yang begitu banyak, sehingga menjadikan kebutuhan akan air baku yang sangat tinggi,” ucap Sigit.

Diterangkan Sigit, bahwa proyek Long Storage Kalimati ini tidak akan berhenti, kami juga akan minta teman-teman anggota DPR agar air baku dari Long Storage ini bisa tersambung ke PDAM Sidoarjo sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Keberadaan Long Storage Kalimati tidak hanya sebagai tempat pengolahan air baku saja. Namun keberadaannya dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi masyarakat. Seperti yang dibangun jembatan gantung yang bisa jadi wahana wisata dengan spot menikmati keindahan disekitar Long Storage Kalimati,” ujarnya.

“Kalau dikanan kiri dibuat jogging track dan ditambah jembatan gantung mungkin cantik juga dan bisa menjadi destinasi wisata masyarakat,” cetusnya.

Dikesempatan yang sama, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko mengagakan, bahwa pemanfaatan Long Storage Kalimati hanya menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur terkait Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM.

“Nantinya setelah Long Storage Kalimati ditetapkan sebagai SPAM regional, pihaknya akan memenuhi pompa air, dan pompa tersebut akan melayani debit air bagi Kabupaten Sidoarjo sebesar 1000 liter perdetik dan Kabupaten Mojokerto 500 liter perdetik,” terangnya.

“Sistem Long Storage Kalimati ini sebenarnya sudah selesai, dan yang belum kita kerjakan adalah rumah pompanya, hal ini hanya tinggal menunggu kesepakatan skema Long Storage Kalimati dengan model SPAM regional,” imbungnya. @Deft

Related Articles

Back to top button