Breaking NewsEdukasiNasionalNews

Ciptakan Situasi Yang Kondusif, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Laksanakan Pengukuhan Da’I Kamtibmas

SURABAYA || HALLO JATIM – Polres Pelabuhan Tanjung Perak giat melaksanakan Pengukuhan Da’I Kamtibmas untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Wilayah Hukum Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Kegiatan tersebut, diselenggarakan di Aula Sanika Satyawada Polres Pelabuhan Tanjung Perak, pada hari Kamis (28/04/2021) sekitar pukul 11:00 Wib sampai selesai.

Dalam kegiatan Pengukuhan Da’I Kamtibmas dihadiri oleh, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H, Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Nur Eko, Kapolsek Pabean Cantian Kompol Kade Oka Suparta.,S.H.,S.I.K, Kasat Binmas AKP Novian.,S.H, Kasat Intelkam AKP Awalludin.,S.H.,M.Pd, Para PJU Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Ketua MUI Kota Surabaya Dr. K.H. M. Syukron Djazilan, M.Ag, Kepala Kemenag Kota Surabaya H. M. Arifin, S. Ag., M. SI, Kepala Kua Asemrowo Achmad Zaki Yamami, S., HI, Kepala Kua Semampir H. Moh. Ali, S.Ag., M.HI, Kepala Kua Pabean Cantikan H. Agus Muhtamil, S. Ag., M.Ag, Kepala Kua Bulak (Kenjeran) Sumardjoko, S. Ag., MH, dan 20 Da’i Kamtibmas yang di kukuhkan oleh Kapolres Pelabuhan Tg Perak.

Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut :

(1). Pada pukul 08:30 Wib sambutan oleh kapolres pelabuhan tanjung perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si.,M.H Registrasi susunan acara.

(2). Acara sambutan oleh Kepala Kemenag Kota Surabaya Drs. Husnul Mahram.,M.Hi dipersilahkan.

(3). Diteruskan acara sambutan oleh Ketua Mui Kota Surabaya K.H Syukron Jazilan dipersilahkan.

(4). Penyerahan simbolis berupa, Jas Da’i Kamtibmas Dan Peci yang akan diserahkan Oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

(5). Dimohon para undangan agar berdiri untuk menyayikan lagu bagimu Negeri. dan dilanjutkan dengan Sesi Dokumentasi.

Sebelum acara kegiatan ditutup, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H menyampaikan tentang tugas Da’i Kamtibmas adalah, pesan-pesan dakwah yang moderat untuk menciptakan masyarakat yang santun berakhlak dan jauhi dari radikalisme / terorisme.

“Program Da’i Kamtibmas ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Pemerintah Kapolri yang meminta adanya pendekatan yang lebih humanis kepada masyarakat sebagai strategi baru untuk memberantas Radikalisme dan Intoleransi,” ujar Ganis.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kemenag Kota Surabaya H. M. Arifin, S. Ag., M. SI juga menerangkan dengan adanya Da’i Kamtibmas ini dapat membuat masyarakat santun, berakhlak, toleran, rukun dan cinta damai, serta terbebas dari doktrin atau paham radikal sikap intoleran.

Selain itu, Ketua MUI Kota Surabaya Dr. K.H. M. Syukron Djazilan, M.Ag mengatakan, Dai kamtibmas sangat strategis sebagai mediator dan pengontrol sosial hubungan Polri dengan masyarakat, maka dari itu Da’i Kamtibmas harus mampu menjadi mitra kerja Polri untuk menjaga keamanan lingkungan agar dapat menjadin pengontrol sikap dan perilaku masyarakat yang tidak baik. @im

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button