ADVENTORIALDaerah

Kapolres Gresik Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Gresik – Kepala Kepolisian Resort Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., MM., bersama Forkopimda Gresik mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual aplikasi Zoom Meeting di kantor Bupati Gresik Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, pada Selasa (01/05/2021).

Upacara hari lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini Selasa tanggal 1 Juni 2021 dilaksanakan di Gedung Pancasila Bogor, yang bertindak selaku inspektur upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dalam sambutanya intinya Presiden mengatakan Pancasila sebagai dasar Negara kita harus bersatu padu dan bergerak maju untuk Indonesia yang lebih maju.

Untuk pembacaan pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Berhubung masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka upacara hanya terbatas diikuti beberapa perwakilan saja. Sedangkan untuk Kapolres jajaran seluruh indonesia dilaksanakan secara virtual aplikasi zoom meeting.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail dan kepala Organisasi Perangkat Daerah
(OPD) Kabupaten Gresik.

Pada kesempatan itu, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., MM., mengajak masyarakat untuk terus berikhtiar melawan pandemi Covid-19 sebagai wujud pengamalan Pancasila.

Alumnus Akpol 2001 itu mengatakan, memaknai Hari Lahir Pancasila bukan hanya karena nilai sejarah. Lebih dari itu, makna setiap butir sila Pancasila merupakan hal yang harus dihayati dan diterapkan dalam kehidupan setiap warga Indonesia.

Mulai dari kewajiban bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semangat bersatu, rela berkorban, pantang menyerah, gotong royong, patriotisme, nasionalisme, optimisme, harga diri, keadilan dan kebersamaan. Semua hal tersebut menjadi nilai yang dapat dipetik dari Pancasila sebagai dasar negara.

“Mendukung ikhtiar pemerintah disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai Covid-19 juga termasuk pengamalan Pancasila. Patriotisme dan tindakan bela negara. Optimis, bersama kita bisa menyudahi pandemi ini,” tegasnya.
(MRT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button