NasionalNews

Tahap Awal, Kebun Binatang Surabaya Terima 25 Persen Pengunjung

Surabaya – Bukan hanya warga yang riang dengan rencana pembukaan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Pemkot Surabaya serta Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) juga mendapatkan angin segar. Sebab, kas BUMD yang kosong akan kembali terisi.

Izin pembukaan kembali tempat wisata diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Selain KBS, Surabaya North Quay (SNQ) juga mendapatkan lampu hijau. Operasional dua destinasi wisata itu tengah disiapkan. (02/10/2021).

Pemkot sudah merancang teknis pembukaan KBS. Jumlah pengunjung dibatasi. Pada tahap awal, hanya 25 persen pengunjung yang diperbolehkan masuk wahana satwa tersebut.

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, pemkot tidak ingin terburu-buru dalam pembukaan KBS. Sebab, persebaran Covid-19 belum sepenuhnya hilang. ”Kami harus terus waspada,’’ ucapnya.

Jumlah pengunjung juga dibatasi. Pintu KBS tidak serta-merta dibuka selebar-lebarnya bagi warga. Maksimal 25 persen. ”Ati-ati disik. Ojok terlalu euforia,’’ paparnya. Persentase jumlah pengunjung nanti terus dievaluasi. Ketika tidak menimbulkan persoalan, jumlahnya lambat laun ditambah. Misalnya, semula 25 persen menjadi 30 persen. Hingga mencapai 50 persen.

Diperkirakan, pembukaan kembali tempat wisata itu belum berdampak signifikan bagi pendapatan KBS. Persentase 25 persen terbilang sangat minim. Padahal, beban KBS pada masa pandemi jauh lebih berat.

Staf keamanan Kebun Binatang Surabaya Aynur Rofiq memberikan penjelasan kepada pengunjung di KBS, Jalan Raya Darmo, Surabaya, Jumat (1/10). Taman rekreasi satwa itu masih menunggu keputusan kapan bisa kembali dibuka untuk para wisatawan.

Wali Kota Surabaya rencananya Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang sempat ditutup di masa pandemi Covid-19 ditutup bakal dibuka kembali, Minggu (3/10/2021) besok. @ anl/nng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button