EdukasiLife StyleNasionalNews

Penguatan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Keputih di Tengah Pandemi

Surabaya – Tidak dapat dipungkiri, kondisi pandemi Covid-19 telah mengakibatkan dampak keterpurukan yang luar biasa pada segala sektor kehidupan, tak terkecuali bidang ekonomi. Masyarakat menjerit dengan kondisi yang semakin sulit, kebutuhan semakin meningkat, terutama tuntutan kebutuhan kesehatan yang harus dipenuhi supaya tetap bisa beraktivitas.

Menjaga serta meningkatkan sistem daya tahan dan imunitas tubuh menjadi sangat penting, apalagi saat sekarang juga sedang terjadi perubahan cuaca ekstrim. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rajin mengkonsumsi suplemen atau vitamin serta minuman herbal untuk membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh.

Untuk itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat ITS yang terdiri dari Prof. Dr.rer.nat. Irmina Kris Murwani, Dr. Afifah Rosyidah, M.Si. dan Prof. Dr. Syafsir Akhlus sejak 1 April 2021 secara terus-menerus dan berkesinambungan melakukan komunikasi, membersamai dan mendampingi proses penyiapan bahan-bahan herbal berupa rimpang jahe merah, kunyit, jahe emprit serta temulawak;

Proses pembuatan dan sosialisasi herbal serbuk serta proses perijinan produksi, ijin edar dan sertifikasi produk. Walaupun interaksi berlangsung sangat intens, protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan tetap dilakukan. Dengan demikian, proses kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo Surabaya ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian DRPM ITS, Pusat Kajian Potensi Daerah Pemberdayaan Masyarakat PDPM kepada masyarakat yang terus berjuang untuk tetap bertahan secara kesehatan dan ekonomi.”Ungkapnya Dr. Afifah Rosyidah, M.Si. kepada hallojatim, Senin (04/10/2021).

“Dengan memproduksi dan mengkonsumsi minuman herbal, dampak langsung yang dirasakan masyarakat di Kelurahan Keputih ini adalah meningkatnya daya tahan tubuh dan juga tidak kalah penting akan terjadi peningkatan kualitas hidup menuju Kampung Cerdas Sehat sekaligus dapat meningkatkan penghasilan.” Imbuhnya.

@ anl/ nng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button