BaksosNasionalNewsPolres Tanjung Perak

Kasatlantas Polres Tanjung Perak Kawal Penyaluran Bantuan Untuk Warga Lumajang

Surabaya – Akibat terjadinya banjir lahar dan guguran awan panas dari puncak Gunung Semeru, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pelabuhan Tanjung Perak salurkan bantuan bencana alam untuk warga Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru, pada hari Senin (06/12/2021) siang.

Dari pantauan Hallojatimnews.com di Pos Lantas, terlihat Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo, S.H., pimpin pengawalan bantuan untuk warga yang membutuhkan dalam penanganan bencana alam erupsi Gunung Semeru yang diserahkan ke Polres Lumajang.

Hal itu dilakukan dalam bentuk kepedulian antar sesama untuk berbagi bantuan kepada korban bencana alam erupsi Gunung Semeru yang sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Menurut Kasatlantas, bahwa sebelumnya sudah dilakukan mapping lokasi aliran lahar erupsi Semeru, sebagai Informasi Pengalihan jalur, semua kendaran dari arah Malang dengan tujuan Lumajang maupun dari Lumajang menuju ke Malang di sarankan putar balik, semua kendaran dari arah Jember menuju Malang dan sebaliknya disarankan lewat Probolinggo. Karena info terkini Jembatan Perak Piketnol putus.

“Sesuai informasi yang kami terima, gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas ke arah Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pukul 15:20 Wib,” ucap AKP Eko.

Saat itu, getaran banjir lahar atau guguran awan panas tercatat mulai pukul 14:47 Wib dengan amplitudo maksimal 20 milimeter-24 milimeter Seismograf. Akibat adanya erupsi itu beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan. Bahkan, beberapa Dusun mengalami pemadaman listrik.

“Lokasi yang terdampak erupsi Semeru ini diantaranya berada di dua desa Kecamatan Pronojiwo yakni, Desa Oro-Oro Ombo dan Desa Supiturang, sedangkan di Kecamatan Candipuro terdapat 3 Desa yaitu Desa Sumberwuluh, Desa Sumbermujur dan Desa Penanggal,” terang Eko.

Untuk memastikan jika keberadaan dapur umum darurat milik Polres Lumajang, bakal memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu 04 Desember 2021 sore.

Pihaknya juga telah mendistribusikan beberapa bantuan yang nantinya akan diperuntukkan bagi masyarakat di lokasi pengungsian dan kita pastikan kebutuhan makanan para pengungsi tercukupi.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat untuk korban bencana alam, dan ini juga sudah menjadi tugas kami selaku Pihak Kepolisan untuk membantu masyakarat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” tutur Perwira dengan pangkat tiga Balok Emas dipundaknya itu.

“Do’a untuk masyarakat Lumajang dan sekitarnya yang menjadi korban bencana, bahwa Polri siap untuk melaksanakan Ops kemanusiaan dalam penanganan erupsi Gunung Semeru,” imbuhnya. @im

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button