NasionalNews

Pemasangan Box Culvert Warnai Kemacetan di Jalan Kedung Cowek

Surabaya – Aktivitas pemasangan Box Culvert di Traffic Light Jalan Kedung Cowek Surabaya diwarnai kemacetan sangat parah. Banyak kendaraan roda empat dan roda dua maupun lebih, menggular dilokasi.

Dalam pantauan awak media Hallojatimnews.com dilokasi pada Kamis siang pukul 13:11 WIB, tanggal 9 Desember 2021, bahwa kemacetan yang menggular tersebut disebabkan adanya galian pemasangan Box Culvert.

Salah satu pengendara bernama Najib yang kesehariannya melintas dilokasi merasa kesal dan terganggu dengan adanya galian pemasangan Box Culvert tersebut.

“Saya sangat terganggu sekali dengan aktivitas pemasangan galian Box Culvert karena tidak adanya pihak terkait yang melakukan pengaturan Lalulintas sehingga menyebabkan kemacetan. Berjalan mengendarai mobil dengan jarak kurang lebih 1 KM meter saja harus memakan waktu 1 Jam,” ucapnya dengan nada kesal.

Selain itu, Najib juga menyarankan dari pihak yang terkait agar melakukan pengaturan Lalulintas di lokasi sehingga menggularnya kendaraan yang sangat panjang dan menyebabkan kemacetan dapat teratasi dengan lancar.

Menurut penjelasan Koordinator Lapangan (Korlap) atau Tim teknis bernama Mas Joko, bahwa pemasangan Box Culvert sendiri merupakan gagasan dari Pemerintah Kota Surabaya (Pemkos) guna mengurangi mengantisipasi adanya banjir di kawasan Lebak dan sekitarnya.

“Jadi kami dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan kota Surabaya yang mengerjakan pemasangan Box Culvert tersebut,” kata Joko kepada Hallojatimnews.com ditengah-tengah kegiatannya.

“Pemasangan box Culvert tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya genangan air atau banjir di kawasan Gading, Lebak, Setro dan sekitarnya dalam musim penghujan. Maka dari itu, Pemkot Surabaya membuatkan crossing di saluran Kedung Cowek ini,” imbuhnya.

Di singgung terkait kemacetan yang sangat parah dilokasi, Joko melontarkan “Dimana ada pengerjaan pasti ada Kemacetan,” lontarnya dengan nada santai.

Selain itu kata Joko, bahwa pelaksanaan pemasangan Box Culvert di Jalan Kedung Cowek Surabaya agar tidak menyebabkan kemacetan pihaknya dibantu dari pihak Satlantas jajaran Polrestabes Surabaya dan Dishub kota Surabaya.

Namun, dalam pantauan awak Media Hallojatimnews.com dilokasi tidak adanya petugas satupun yang terkait melakukan pengaturan arus Lalulintas sehingga menggularnya antrean kendaraan yang sangat panjang terjadi sampai kurang lebih 1 KM.

Ditanya dalam pengerjaan proyek pemasangan Box Culvert yang seharusnya dimulai pada pukul 20.00 Wib hingga pukul 05.00 Wib, Joko mengatakan, “Kami ada target hingga tanggal 20 Desember 2021, dan kami percepatan pengerjaannya. Semoga dalam pengerjaan pemasangan Box Culvert ini, sebelum tanggal 20 Desember 2021 sudah selesai,” kata Joko.

Dia juga menjelaskan, bahwa pekerjaan pamasangan Box Culvert dimulai pada hari Jum’at tanggal 3 Desember 2021 lalu dan yang dipasang keseluruhannya ada 16 Box Culvert dengan ukuran 200×200.

“Kami sudah berhasil memasang 15 Box Culvert, jadi kurang 1 Box Culvert lagi yang belum terpasang dikarenakan ada kendala dari pipa milik PDAM dengan ukuran 300 sama 150,” pungkas Joko. @nil/sin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button