DaerahEdukasikesehatanNasionalNewsPemerintahan

Akhir Maret ini, Bupati Sidoarjo Akan Launchingkan Layanan Rawat Jalan di RSUD Krian

Sidoarjo – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada akhir Maret akan melaunchingkan Rumah sakit Sidoarjo tipe C dengan kapasitas rawat inap 100 bed, untuk membantu warga masyarakat Kabupaten Sidoarjo dalam mendapatkan kemudahan akses layanan kesehatan.

Pelayanan rawat jalan yang sudah disiapkan oleh manajemen RSUD Sidoarjo Barat diantaranya, layanan Poli Spesialis Anak, Poli Kandungan, Poli Bedah Orthopedi, Poli Bedah Umum, Poli Gigi hingga layanan IGD.

“Jadi, layanan di RSUD mulai April sudah operasi, dan untuk sementara hanya bisa melayani rawat jalan dulu, karena untuk layanan IGD sedang disiapkan,” ujar Ahmad Muhdlor dalam pejelasannya, Sabtu (26/03/2022).

Diterangkan Muhdlor, saat ini didalam ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sudah terpasang beberapa bed untuk memaksimalkan pelayanan nanti, dan manajemen RSUD Sidoarjo Barat juga menyiagakan 2 unit mobil ambulance serta 1 unit mobil jenazah.

“Pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan sudah menjadi kebutuhan dasar warga Sidoarjo. Jadi RSUD Sidoarjo Barat akan mencover warga yang tinggal di kecamatan Krian, Balongbendo, Taman, Wonoyu termasuk Prambon,” ucapnya.

Menurut Muhdlor, untuk menyelamatkan generasi emas salah satunya dengan memenuhi layanan dasar kesehatan. Sehingga pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan bisa diprioritaskan.

“Minggu keempat Maret ini, pekerja proyek akan kebut untuk menyelesaikan pekerjaan interior ruangan seperti, ruang front office, ruang staf pelayanan IGD dan beberapa ruang pendukung lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Abdillah Segaf Al Hadad selaku Plt. Direktur RSUD Sidoarjo Barat menyampaikan, manajemen saat ini sedang fokus dalam menyiapkan fasilitas layanan rawat jalan ditiap Poli, termasuk perlengkapan dilayanan IGD sedang dikebut. Mulai dari perlengkapan bed, penutup sekat ruangan termasuk peralatan yang ada di IGD.

“Untuk di ruang Poli Kandungan sudah dilengkapi alat tes pemeriksaan kandungan Ultrasonografi (USG), dan ditargetkan saat soft launching nanti sudah ready,” kata Dr. Abdillah yang juga menjabat Kepala Bidang Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo itu.

“Selain merampungkan bangunan fisik, penyiapan tenaga medis seperti dokter dan perawat ditiap Poli juga tengah kami matangkan, termasuk tenaga administrasinya, sebelum hal ini dilaunchingkan nanti,” tandasnya. @Deft

Related Articles

Back to top button