EdukasiNasionalNewsPOLRI

Kakorlantas Polri Imbau Masyarakat Mudik Lebaran 2022 Berangkat Lebih Awal

HALLOJATIM – Korlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi menghimbau masyarakat untuk berangkat mudik Lebaran lebih awal agar mencegah penumpukan kendaraan pada saat cuti liburan diberlakukan.

“Kami mendasari atas jadwal-jadwal yang sudah ditetapkan, dan kami mendapatkan informasi bahwa anak-anak kita sudah diliburkan pada tanggal 22 April. Tapi kami juga dapat informasi untuk para orang tua tenaga kerja ASN, baru diberikan cuti pada tanggal 29 April,” keterangannya pada hari Rabu (20/4/2022).

Irjen. Pol. Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa dengan mudik lebih awal dan tidak berbarengan tentunya akan mengurangi beban penumpukan kendaraaan di jalanan. Diprediksi puncak arus mudik bakal terjadi pada 28 April hingga 1 Mei 2022.

“Mudik lebih awal, ini akan mengurangi beban kepadatan lalu lintas pada tanggal 28 April sampai tanggal 1 Mei yang kita rencanakan,” kata Kakorlantas.

Kakorlantas menjelaskan pihaknya juga akan menerapkan sistem one way dan ganjil-genap secara berbarengan pada 28 April pun. Nantinya, seluruh personel gabungan akan mengawal penuh dan mengajak masyarakat taat berlalu lintas.

“Ini harus kami atur supaya masyarakat bisa mudik dengan lancar, oleh karena itu kami sangat berharap informasi penting yang sudah kita sampaikan tentang jadwal itu diikuti jam berapa sebaiknya mereka berangkat dari tempat asal ke tempat tujuan,” terang Kakorlantas.

Kakorlantas juga menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah. Harapannya, dengan hal ini akan terjadi pengurangan penggunaan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran.

“Jadi ini salah satu upaya juga dari pemerintah termasuk Polri di dalamnya kita menyarankan masyarakat menggunakan kendaraan-kendaraan umum sehingga juga akan mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan ini gratis silakan dimanfaatkan,” jelas Kakorlantas.

Selain itu pihaknya juga memastikan tidak adanya penyekatan seperti dua tahun terakhir sejak awal Pandemi. Korlantas siap untuk mengawal masyarakat agar perjalanan mudik berjalan dengan aman dan lancar.

“Lewat rekayasa Lalulintas yang sudah kita umumkan, kami mengajak masyarakat yang hendak mudik agar bersama-sama menjaga Kamseltibcarlantas,” tandasnya.

“Mari mudik lebih awal karena untuk menghindari penumpukan kendaraan. Dimana diprediksi sebanyak 8,85 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik tahun 2022 ini,” imbuhnya.

Pewarta – @rosi

Related Articles

Back to top button