TNI-ku

Prajurit Yonmarhanlan V Ikuti Upacara Tabur Bunga Peringati Hari Pahlawan Tahun 2020

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya mengikuti acara upacara tabur bunga memperingati Hari Pahlawan Nasional ke 75 tahun yang jatuh pada tanggal 10 November 2020. Untuk kegiatan tabur bunga dipimpin oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (E) M.Arif jabatan (Kasi Bengsen Fasharkan Lantamal V), yang diikuti 200 personil peserta upacara dari atas geladak KRI dr.Soeharso-990 di Dermaga Madura, Ujung Koarmada II, pada Selasa (10/11/20).

“Dalam kegiatan upacara tabur bunga tersebut pasukan upacara terdiri dari 1 unit korsik Lantamal V Surabaya, 1 peleton gabungan Pamen, 1 peleton gabungan Pama, 1 peleton Deputasi/Undangan, 1 peleton Tamtama dari Koarmada II dan 1 peleton Bintara Koarmada II, serta 1 peleton prajurit Yonmarhanlan V. Sebelum mengikuti upacara tabur bunga dalam rangka memperingati hari Pahlawan, seluruh peserta di wajibkan mengikuti rapid test yang diadakan oleh Diskes Lantamal V dan Koarmada II

Dalam upacara tabur bunga tersebut dibawah pimpinan Irup, seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan mengheningkan cipta bersama yang diiringi lagu penghormatan. Usai mengheningkan cipta berlanjut dengan pelarungan karangan bunga oleh Inspektur Upacara sebagai simbol penghormatan dan penghargaan kepada arwah para pahlawan pejuang bangsa yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara yang dilaksanakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya ini dengan maksud untuk mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tidak hanya itu saja,tujuan memperingati Hari Pahlawan juga diharapkan dapat membangun ingatan kolektif dalam kesadaran berbangsa dan bernegara sehingga kegiatan seperti ini bisa memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan, semangat pantang menyerah dan rela berkorban serta kecintaan kepada tanah air demi keutuhan NKRI.

Kegiatan upacara tabur bunga dilaksanakan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.( Han ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button