Ekbis

drh. Nur Haryani Kadisnakkan adakan Festival Susu “Sowan Suwun Singolangu”

Magetan – drh. Nur Haryani Kadisnakkan (Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan adakan Festival Susu “Sowan Suwun Singolangu” Yaitu Silaturahmi dan Bersyukurnya para peternak Sapi Perah”

Susu merupakan hasil produk dari peternakan sapi perah yang menjadi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Magetan, peran serta para peternak dalam pemenuhan pasar susu sapi patutlah diapresiasi. Kebutuhan masyarakat akan susu sapi ini mampu terpenuhi karena suplai dari berbagai peternak susu di Magetan.

Kepala Disnakkan Kabupaten Magetan drh Nur Haryani menerangkan, ” Sebagai ungkapan rasa syukur dan media menjalin silaturahmi antar peternak sapi perah, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Disnakkan (Dinas Peternakan dan Perikanan ) Kabupaten Magetan mengadakan Festival Susu Sowan Suwun Singolangu 2022 pada Minggu (27/11/2022) ) pukul 09.00 Wib di Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, Festival yang diikuti oleh berbagai peternak susu dari berbagai wilayah Magetan ini turut dihadiri oleh Kadisnak Provinsi Jatim.

Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur , Ir. Indyah Ayani, MM., mengungkapkan, ” Jika Jatim menjadi lumbung pemasok kebutuhan susu secara nasional. “57% pemenuhan kebutuhan susu secara nasional disuplai dari Jatim, kami berharap jika Kabupaten Magetan kedepannya mampu menjadi penyangga sapi perah melalui eduwisata agribisnis peternakan sapi perah.

drh Nur Haryani (Tengah) Kepala Dinas
Peternakan dan Perikanan Kab. Magetan

Bupati Magetan Dr.Drs.H.Suprawoto,SH,Msi dalam sambutannya mengungkapkan,” Apresiasinya kepada Disnakkan (Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan karena telah memfokuskan program kerjanya di Kampung Susu Singolangu.

“Terimakasih kepada seluruh Dinas yang telah mempunyai centre of excellence, seperti Disnakan di Kampung Susu Singolangu ini, semoga Kampung Susu Singolangu mampu direplikasi di daerah lain dan mampu mengentaskan kemiskinan struktural,” ungkapnya.

Dalam festival Susu kali ini hadir pula Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH, Msi beserta Wakil Bupati Hj. Nanik Endang Rusminiarti,MPd , Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Ir. Indyah Ayani, MM, Kepala Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Magetan drh Nur Haryani, Forkopimda Magetan, Sekdakab Magetan, OPD Terkait, Forkopimca Plaosan dan para peternak sapi perah di Magetan.

Agrowisata Kampung susu Lawu menyediakan paket wisata kunjungan ke peternakan sapi perah, menyaksikan proses pengolahan susu, dan olahan kuliner produk susu, yaitu susu segar, susu kemasan, Stik susu, permen susu, sabun susu, yogurt, dan produk susu lainnya, semoga selain Telaga Sarangan dan kebun refugia, kampung susu Lawu di lingkungan Singolangu bisa menjadi etalase produk peternakan unggulan ” Pungkas Kepala Dinakkan Kabupaten Magetan drh Nur Haryani.

@deft

Related Articles

Back to top button

Kontak Redaksi