Baksos

Baznas Sidoarjo Bagikan bantuan biaya hidup pada ratusan fakir miskin

Sidoarjo – Salah satu program Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) kabupaten Sidoarjo, kini menyalurkan bantuan biaya hidup bagi ratusan penerima manfaat, acara di gelar di pendopo delta wibawa, selasa ( 27/12).

Adapun penerima manfaat yang mendapatkan bantuan biaya hidup ini, terdiri dari 327 fakir miskin dari 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo, 10 anak yatim piatu dan 5 orang difabel tuna netra.

Ketua Baznas kabupaten Sidoarjo, M. Chasbil Salju Sodar menyampaikan, acara hari ini merupakan implementasi dari tugas pokok dan fungsi dari Baznas.

“Baznas memanajemeni penghimpunan, pendistribusian dan pendayagunaan Zakat, Infak Shodaqoh dan DSKL, Dana Sosial Keagamaan Lainnya, ” Ungkap pria yang akrab dipanggil gus jazuk ini.

Bantuan biaya hidup seperti yang disalurkan pada hari ini, adalah bentuk distribusi dari hasil penghimpunan Zakat Infak Shodaqoh ( ZIS) dari para muzakki, Munfakin, dan disalurkan pada para penerima manfaat, mustahiq.

Lebih jauh, gus jazuk menyampaikan distribusi dan pendayagunaan ( penyaluran yang dapat memberikan dampak atau manfaat lebih besar dan produktif ). Baznas kabupaten Sidoarjo dicanangkan melalui berbagai program dengan berbagai kegiatannya yang meliputi, Program Sidoarjo Peduli, Sidoarjo Cerdas, Sidoarjo Sehat, Sidoarjo Taqwa dan Sidoarjo Makmur.

” Program dan kegiatan penyaluran Zis ini, bagian dari mewujudkan kemaslahatan, khususnya bagi para penerima manfaat itu sendiri, ” Tegasnya.

Gus jazuk juga menambahkan, Baznas kabupaten Sidoarjo dalam menjalankan roda organisasinya berpegang pada prinsip 3 Aman.

” Aman syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI, ” Cetusnya.

Menurutnya, dengan berpegang pada 3 prinsip Aman ini, diharapkan Baznas menjadi lembaga yang kredibel dan terpercaya dalam pengelolaan ZIS ini.

”Tak lupa, Terima kasih kepada para muzaki, baik muzaki perorangan,khususnya para ASN di lingkungan pemkab Sidoarjo maupun badan atau corporate yang mempercayakan pengelolaan Zakatnya pada baznas Sidoarjo. Pemkab dan gus bupati yang juga senantiasa memberikan bimbingan serta inspirasi bagi Baznas Sidoarjo, ”imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Susiati ( 54 th) warga desa Sawotratap kecamatan Gedangan salah satu penerima manfaat,merasa gembira pada tahun ini mendapatkan bantuan melalui baznas Sidoarjo.

Perempuan yang masih nampak sehat dan bugar ini, berharap bantuan biaya hidup dari Baznas Sidoarjo ini bisa jadi kegiatan rutin dan semakin banyak masyarakat tak mampu yang mendapatkannya.

Sementara itu, H Sanuri Kepala Desa Sawotratap yang mendampingi penerima manfaat, menyampaikan apresiasinya atas program Baznas Sidoarjo.

” Alhamdulillah, hari ini 11 warga Sawotratap mendapatkan bantuan dari Baznas, kedepan semoga makin banyak yang bisa mendapatkan bantuan dari Baznas, ” tuturnya.
@deft

Related Articles

Back to top button