Daerah

Polresta Sidoarjo Pastikan Pengemudi Bus Sehat dan Tidak Terpengaruh Narkoba

SIDOARJO || HALLOJATIMNEWS – Memasuki penghujung di akhir tahun, jelang libur Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, berbagai upaya dilakukan Polresta Sidoarjo guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Khususnya yang melibatkan bus antar kota.

Diantaranya dengan menggelar Tes Urine dan Uji Kesehatan bagi pengemudi bus antar kota di Terminal Bus Purabaya Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Jumat (20/12/2019).

Tes urine dan uji kesehatan bagi pengemudi bus ini dilakukan, guna mengetahui kondisi awal pengemudi sebelum menjalankan armadanya saat melayani penumpang mudik Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan pengecekan terhadap semua fungsi yang ada pada angkutan, mencakup larangan, rem, persneling, P3K, APAR, kondisi supir dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dengan melibatkan petugas dari Dokkes Polresta Sidoarjo dibantu jajaran Dinas Perhubungan, satu persatu pengemudi bus diperiksa di Posko Kesehatan di area Terminal Purabaya.

“Tes urine dan uji kesehatan bagi pengemudi bus antar kota ini sengaja kami gelar, sebagai salah satu upaya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama musim libur Natal dan tahun baru ini,” jelas Kasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar.

Sementara selain tes urine dan uji kesehatan bagi pengemudi bis, dalam kesempatan itu pihak Satlantas Polresta Sidoarjo bersama petugas Dishub Kota Surabaya dan Sidoarjo melakukan uji emisi sejumlah bus antar kota.

“Kami senang karena merasa aman dan nyaman bisa bepergian dengan bis yg layak jalan dan dikemudikan oleh pengemudi yang lolos tes urine dan uji kesehatan,” ujar Andi, salah satu pemudik tujuan Yogyakarta.

Lebih lanjut Kasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar
menjelaskan bahwa pemeriksaan itu dilakukan dalam upaya memberi angka laka lantas faktor kendaraan yang menyebabkan korban fatalitas. Selain itu, kegiatan ini adalah untuk mengingatkan agar-agar selalu mengutamakan penumpang dan tidak mencari kesempatan atau kejar setoran.

“Jika ditemukan kendaraan yang tidak memenuhi standar, baik secara fisik maupun administrasi maka Sat Lantas Polresta Sidoarjo tepat untuk memperbaiki dan melengkapinya,” pungkasnya.

Pewarta : @Diefta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Kontak Redaksi