DaerahNasionalNews

Antisipasi sejak dini Polres Bangkalan Dirikan Posko bencana alam

BANGKALAN || HALLOJATIMNEWS -Sebagai langkah antisipasi bencana alam, Polres Bangkalan mendirikan Posko Bencana Banjir di lapangan samping kantor Polsek Arosbaya

Dalam acara pendirian posko bencana tersebut turut pula di hadiri oleh Kapolres Bangkalan,Bupati Bangkalan,Dandim ,Danlanal,ketua pengadilan negeri.

Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK,MH,MSi,.mengatakan, di wilayah hukumnya ada yang berpotensi bencana alam. Seperti tanah longsor dan banjir.

“Pendirian posko di Arosbaya ini sehingga apabila terjadi bencana, pertolongan kepada warga dengan cepat dapat dilakukan. Dan dampak bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin,” jelas Rama,Minggu(5/1/2020).

Pendirian posko merupakan upaya antisipasi yang dilakukan pihak kepolisian. Anggota yang berkompetensi pada penanggulangan bencana alam telah disiapkan. Seperti personel kepolisian, TNI, Polairud,BPBD, dan Dokkes.

BPBD Bangkalan telah menyiapkan beberapa peralatan kebencanaan. Seperti ambulance, mobil dapur, perahu karet, kapal Dolphin, alat pemotong kayu atau Senso, serta pelampung. Termasuk logistik seperti selimut dan makanan siap saji.

Tidak hanya anggota Polres Bangkalan, namun koordinasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholders juga dilakukan. Baik Pemerintah Daerah dan TNI, BPBD serta seluruh elemen dan tokoh masyarakat

“Tidak hanya anggota polisi, namun TNI, Pemda, BPBD, tokoh masyarakat juga menjadi hal penting dalam mengedukasi dan langkah antisipatif Polres Bangkalan dalam mengatasi bencana alam jika terjadi,” imbuh Rama.

Bupati Bangkalan sapaan akrabnya Ra Latif menjelaskan, hadirnya posko siaga bencana lebih awal bukan berarti pemerintah berkeinginan terjadi bencana di Bangkalan, namun lebih pada antisipasi dini ketika hal yang tidak dinginkan terjadi.

“Saya berharap dengan berdiri nya posko-posko di daerah rawan bencana banjir supaya mengantisipasi sejak dini terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.”Singkatnya.

Penulis : Haris

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button