Polda Jawa Timur

Irjen Pol M.Fadil Imran Mengajak Kolobrasi Rektor Unair Atasi Keamanan Pandemi Covid 19, Perkenalkan Metode Kampung Tangguh Berbasis Problem Oriented Policing

Laporan Wartawan Hallo Jatim News, Handoko.

SURABAYA, HALLOJATIMNEWS.com – Masih dalam suasana Lebaran bulan Syawal 1441 H, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si didampingi Kapolrestabes Surabaya dan Kabidhumas Polda Jatim melakukan silaturahim dengan Rektor Unair Surabaya Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., AK., CMA. bertempat di Kampus C Unair dan menyampaikan permohonan maaf lahir batin, sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kapolda Jatim yang baru. ( Surabaya, ( 4 Juni 2020) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolda Jatim juga memperkenalkan Program Kampung Tangguh Semeru berbasis pemecahan masalah (Problem Oriented Policing) menghadapi pandemi Covid19, dan mempersilakan kepada Rektor Unair untuk mengkritisi secara akademis kebijakan yang dilakukan Polda Jatim demi untuk kemajuan kita semua atau masyarakat, sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan Surabaya.

Bersikap kritis untuk kemajuan masyarakat, juga merupakan wujud pengabdian masyarakat dan kami yakin Perguruan Tinggi Unair dapat memberikan kontribusinya.

Pandemi Covid19 memberikan hikmah kepada kita semua untuk lebih dekat lagi bekerja sama bersinergi untuk mengatasi permasalahan ini dan dampak sosialnya dalam masyarakat.

Kapolda jatim juga mempersilakan para akademisi Unair untuk melakukan penelitian di lingkungan Polda Jatim dari keilmuan apapun atau segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan kemahasiswaan.

Pada kesempatan ini Kapolda Jatim memaparkan Kampung Tangguh Semeru berbasis Problem Oriented Policing, dimana kuncinya adalah Kolaboratif, karena Kpapolda Jatim menyadari bahwa Polisi tidak dapat bekerja sendiri dalam penyelesaian masalah sosial tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat.

Metode Kampung Tangguh Semeru yaitu : Community Patnership, transformation Organitation, problem solving dan community mobilitation, bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan dalam mengatasi persoalan secara mandiri dan bergotong royong. Pada prinsipnya adalah memberikan Solusi, bersifat berkolaborasi dan melakukan penguatan program terhadap Kampung Tangguh Semeru.

” Program penguatan Kampung Tangguh Semeru dapat dilakukan dengan penambahan fitur baru disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan menitik beratkan kepada keterlibatan elemen masyarakat, termasuk kampus secara akademisi dalam rangka menemukan solusi terhadap adanya permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat” Ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Dalam Kegiatan tersebut Rektor Unair Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., AK., CMA. menyampaikan, Unair bersama segenap _Civitas Academica_ siap mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat dengan mendukung dan mengembangkan Kampung Tangguh Semeru sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button