Polres Bangkalan

Satlantas Polres Bangkalan Giat Operasi Zebra Semeru 2020 Secara Stationer

BANGKALAN, HALLOJATIMNEWS.com – Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan menggelar operasi Zebra Semeru 2020. Selama operasi, polisi tak akan melakukan razia di satu tempat.ini diharapkan dapat menekan penyebaran penularan Covid-19 khusunya di Kabupaten Bangkalan.

“Cara bertindak kita di lapangan tidak akan penindakan secara stationer. Betul (stationer itu) razia yang berkelompok di satu titik,” ucap Kasat Lantas Polres Bangkalan AKP Abdul Azis Sholahuddin SH. S.I.K. di Polres Bangkalan, Senin ( 26/10/2020).

Azis mengatakan ditiadakannya razia di satu titik tersebut sejalan dengan arahan Kakoorlantas Polri. Menurut dia, ditiadakannya razia satu titik ini untuk menghindari kerumunan massa di tengah pandemi COVID-19.

“Alasannya apabila melakukan tindakan stationer itu akan menimbulkan kerumunan masyarakat. Sementara saat ini kita juga masih dalam pandemi COVID-19,” tuturnya.

Sementara untuk penindakan hukum, Azis mengatakan penindakan akan dilakukan dengan cara hunting sistem. Atau dengan kata lain, polisi yang tengah berjaga di jalan atau melakukan pengaturan akan menindak langsung pelanggar yang kedapatan melanggar lalu lintas.

“Dilakukan secara hunting sistem atau langsung on the spot misalnya pada saat anggota lalu lintas melakukan penjagaan di titik-titik kemacetan kemudian ditemukan pelanggar maka akan dilakukan penegakan hukum,” kata dia.

Dalam operasi zebra ini, sambung Azis, kegiatan yang dilakukan akan lebih menekankan pada preventif dan preemtif. Di mana preventif dan preemtif memiliki porsi 45 persen sedangkan penindakan hukum 10 persen.

Adapun sasaran dari penegakan hukum ada tiga jenis yakni tidak memakai helm, pelanggar rambu lalu lintas dan melawan arus.

“Tujuannya itu tercipta situasi lalu lintas tertib lancar dan berkurangnya tempat penyebaran COVID-19,” kata Kasatlantas Polres Bangkalan.( Han ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button