Polres Tanjung Perak

Pastikan Hewan Sehat Bebas dari PMK, Kapolsek Semampir Giat Screening di RPH

Surabaya – Guna memastikan kesehatan pada hewan ternak terhidar dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Satuan Tugas PMK Polres Pelabuhan Tanjung Perak melakukan kegiatan penyekatan dan screening hewan yang hendak masuk ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pegirian Surabaya.

Kegiatan dipimpin langsung Kapolsek Semampir Kompol Ari Bayuaji diikuti beberapa Anggota Polsek Semampir maupun Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan instansi samping yang terdiri dari Anggota TNI dari Koramil Semampir, Satpol-PP Semampir, DKPP Kota Surabaya, Dirut RPH dan Dokter Hewan.

Selama kegiatan berlangsung ditemukan 3 Truck bermuatan hewan ternak sejenis Sapi dari luar kota Surabaya dikembalikan ketempatnya masing-masing lantaran berdasarkan keterangan dari Dokter hewan bahwa hewan tersebut Suspect PMK.

Menurut penjelasan dari Kapolsek Semampir Kompol Ari Bayuaji, bahwa upaya penyekatan dan Screening yang dilakukan ini, guna memastikan Sapi masuk RPH Pegirian adalah sapi sehat dan bebas PMK.

“Terbukti ada beberapa Sapi Suspect PMK diantaranya dari Malang 5 ekor dan Mojokerto 2 ekor. Termasuk 7 ekor dari Pasuruan tanpa dilengkapi dokumen,” jelas Kompol Ari Bayuaji dilansir Hallojatim, Selasa (08/06/2022).

Selain itu, Orang nomor Satu di Mapolsek Semampir berharap kepada warga masyarakat di Surabaya tidak perlu panik dan resah akan adanya hewan Sapi yang terpapar PMK masuk di RPH Surabaya untuk disembelih.

“Karena kami bersama instansi terkait, Screening secara ketat hewan yang hendak masuk ke RPH Pegirian untuk disembelih,” kata Kompol Ari Bayuaji.

“Jadi, hewan ternak yang disembelih ke RPH Pegirian, dagingnya aman untuk dikonsumsi,” imbuhnya. @ros

Related Articles

Back to top button