Daerahkesehatan

Sanitasi Juga Sebabkan Stunting, Komisi D Desak Perbaikan

Sidoarjo – Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo menaruh perhatian khusus terkait program nasional percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Sidoarjo. Banyak aspek yang menyebabkan terjadinya kasus stunting, selain masalah ekonomi.

“Tidak hanya masalah Ekonomi dan asupan gizi saya yang menyebabkan stunting, masalah sanitasi yang tidak bersih pun jadi salah satu faktornya,” kata Abdillah Nasikh, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo melalui hubungan seluler, Senin (31/10).

Politisi PKB ini menjelaskan bila asupan gizi terpenuhi dengan baik, namun apabila peralatan makan yang digunakan tidak bersih juga kebersihan masyarakat yang kurang baik karena sanitasi yang kurang bagus juga menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting. Untuk itu, diharapkan pemerintah daerah melalui dinas terkait yaitu PDAM Delta Tirta juga Dinas PU Bina Marga bisa segera melakukan perbaikan -perbaikan sanitasi yang dibutuhkan masyarakat khususnya di lokus-lokus stunting yang ada di Sidoarjo

“Di Sidoarjo ini ada 7 kecamatan dengan 24 lokus stunting. Saya harapkan dinas terkait bisa segera menyelesaikan masalah sanitasi ini. Apalagi daerah yang dekat dengan perkotaan, seperti Waru dan Gedangan. Sangat ironis di dua kecamatan tersebut masih menjadi lokus stunting serta sanitasi yang kurang bagus,”tegasnya.

Secara terpisah, Direktur Pelayanan PDAM Delta Tirta Sidoarjo, Fatihul Fauzan mengatakan untuk kedua wilayah tersebut khusus Perumda Delta Tirta akan mengawal agenda penanganan stunting, antara lain melakukan pemasangan pipa distribusi guna memanfaatkan air umbulan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati mengatakan program nasional percepatan penurunan angka stunting di Indonesia khususnya di Jawa Timur sangat membutuhkan peran aktif dari semua pihak. Banyak faktor yang menyebabkan stunting mulai dari Ekomoni, budaya, termasuk masalah sanitasi.

“Benar memang masalah kebersihan air minum menjadi perhatian karena bisa menyebabkan stunting. Untuk di Sidoarjo sudah ada tim percepatan penurunan angka stunting dan kami sangat senang , saat mendengar sanitasi juga menjadi perhatian khusus Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo. Dengan kepedulian dan perhatian semua pihak maka percepatan penurunan angka stunting bisa diwujudkan,” tandasnya.

@deft

Related Articles

Back to top button