EdukasiKomunitas

Harlah ke-2, Emak-Emak Arimbi Merah Putih Gelar Lomba Mewarnai dan Melukis

Sidoarjo – Dalam rangka menyambut Harlah Emak Emak Arimbi Merah Putih Ke-2, gelar lomba mewarnai mandiri dari kategori Paud, TK, SD dari kelas 1-3, Dan lomba melukis dengan menggunakan media tas kategori umum. Antusias peserta sangat positif, dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba tersebut, dan peserta lomba sebanyak 150 peserta datang dari berbagai daerah di Sidoarjo dan di sekitar Sidoarjo yakni dari Mojosari, Mojokerto dan Malang.

Acara yang di gelar di halaman sekretariat EEAMP Jl. Raya Jasmine Ruko Jasmine 3 A1 no 14 Sidoarjo. Minggu (26/2/2023). Dengan mengusung tema “Bersama Emak Emak Arimbi Merah Putih, Ibu Cerdas, Anak Kreatif, Indonesia Bangkit”.

Harlah ke-2 Emak-Emak Arimbi Merah Putih dihadiri oleh H.Khoirul Hidayat, S.H. dari komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Sabari selaku Kepala Desa Suko, perwakilan dari koramil Sidoarjo, perwakilan dari Bakesbangpol, segenap pengurus Emak-Emak Arimbi Merah putih serta seluruh peserta lomba yang begitu antusias mengikuti lomba tersebut.

Pada sambutannya Hj. Nofitasari.H.Assegaf, S.H., M.Kn selaku Ketua Umum Emak-Emak Arimbi Merah Putih menyampaikan, “Alhamdulillah pada hari ini sudah terlaksana Harlah ke-2 Emak-Emak Arimbi Merah Putih. Harlah pada hari ini sedikit berbeda dengan Harlah tahun kemarin, dikarenakan kita buat tema yang berbeda yakni, “Bersama Emak Emak Arimbi Merah Putih, Ibu Cerdas, Anak Kreatif, Indonesia Bangkit” jelasnya.

“Tema tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, terutama putra-putri kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Kegiatan menulis, melukis, menggambar dan mewarnai sangat penting karena supaya anak-anak kita tidak ketergantungan kepada android. Jadi di sini kita lebih fokus ke pendidikannya supaya anak-anak kita kembali seperti dulu yakni belajar manual meskipun sekarang jamannya medsos dan teknologi canggih” urai Nofi.

Nofi juga menyampaikan Harlah pada tahun ini juga ada UMKM karena dengan adanya banyaknya masyarakat yang hadir pada hari ini dapat meningkatkan daya beli produk-produk UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Sidoarjo. Kebetulan UMKM yang ada pada saat ini banyak disuport oleh Emak-Emak Arimbi Merah Putih. Mudah-mudahan niat kita pada hari bisa meningkatkan penghasilan para UMKM.

Disinggung pula organisasi Emak-Emak Arimbi Merah Putih telah banyak melakukan berbagai tindakan nyata terhadap anak-anak yang merupakan aset bangsa diantaranya mengadakan pelatihan-pelatihan, seminar, pengadaan KTA, mengoptimalkan program pemerintah kepada masyarakat khususnya ibu dan anak diantaranya Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kedepannya kami akan bersinergi dengan pemerintah untuk lebih memfokuskan program pemerintah agar bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah ke bawah, dan kegiatan organisasi ini minimal bisa menjadi fasilitator dan kepanjangan tangan pemerintah kepada masyarakat” tambah Nofi.

Sementara itu, H. Khoirul Hidayat, S.H. dari Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo, juga memberikan support motivasinya dan ucapan doa Emak-Emak Arimbi Merah Putih. Dengan bertambahnya usia organisasi EEAMP akan semakin banyak kegiatan yang dilakukan dan semakin bermanfaat bagi lingkungan.

Dayat juga menambahkan pesannya diantaranya “pertama : sebagai suatu organisasi yang memiliki tujuan harus memiliki legalitas dan didaftarkan di Bakesbangpol. Kedua : kalau memang ini benar – benar organisasi sosial yang berkiprah diperlindungan anak dan perempuan, jangan sampai diembel-embeli politik lebih baik berdiri secara mandiri, karena masyarakat mempunyai pilihannya masing-masing” tegas Dayat.
@deft

Related Articles

Back to top button