Breaking NewsDaerahEdukasiKemenkumham

kantor Lapas kelas IIA Sidoarjo sediakan 3 TPS untuk hak pilih warga binaan

Hallo Sidoarjo – Pemilu adalah pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia, semua warga negara mendapatkan hak yang sama, seperti halnya yang di laksanakan di Lapas kelas IIA Kab Sidoarjo pada hari Rabu 14 Februari 2024 pagi.

Sebanyak 1.109 orangwarga binaan mendapatkan hak pilihnya di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sidoarjo. Mereka terdiri dari 1.024 orang, dan mulai melakukan hak pilihnya dimulai pukul 08.00 WIB di 3 TPS yang telah disediakan hingga selesainya acara.

Prayogo Mubarak selaku Kepala KPLP Lapas Sidoarjo menjelaskan, “sebenarnya jumlah warga binaan di sana berjumlah 1.063. Namun, ada beberapa yang tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal tersebut di karenakan adanya kekurangan data atau NIK, dan pihak Lapas sudah berusaha menghubungi pihak keluarga bahkan juga menghubungi Dispenduk Capil” jelas Prayogo.

Saat di temui awak media pada hari Selasa (13/02/2024) siang, Prayogo memaparkan bahwa proses pemungutan suara akan di hadiri langsung dari Bawaslu Sidoarjo, KPU, tim internal lapas Sidoarjo, serta untuk saksi sekira 20 dari luar dan eksternal.

Pada saat pemungutan suara berlangsung kita juga harus sesuai prosedur, untuk keluar masuk semua sesuai harus SOP.

Kepala Lapas Sidoarjo, Sugeng Hardono mengatakan bahwa sebenarnya jumlah warga binaan di sana berjumlah 1.063. Namun, ada beberapa yang tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Ada 27 orang itu belum memenuhi syarat Pemilu karena mereka masuk kemari setelah ada penetapan DPPT dari Kejaksaan. Mereka sebelum masuk ke sini di luar sana belum terdata sebagai pemilih,” ujar Sugeng, Rabu, (14/2/2024).

Sugeng mengatakan bahwa sejauh ini suasana pencoblosan di Lapas Sidoarjo kondusif. Warga binaan pun cukup antusias saat pencoblosan.

Hardono juga menyampaikan, “jika kondisi yang tertib ini adalah berkat kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat jauh-jauh hari sebelumnya, terutama Bawaslu, aparat pengamanan, aparat kelurahan untuk menjalin sinergitas dalam mengawal pemilu di dalam Lapas agar sesuai dengan SOP yang berlaku,” paparnya.

Area pencoblosan di Lapas Sidoarjo sendiri terbagi dalam dua wilayah dengan total tiga TPS, yakni wilayah Blok A terdapat TPS 901 dan 902, sedangkan wilayah Blok B terdapat TPS 903.

Didampingi oleh penjaga lapas, warga binaan mencoblos pilihan mereka secara bergantian. Untuk warga binaan laki-laki mereka melakukan pencoblosan pada jam 08.00-10.00 WIB, setelah itu warga binaan perempuan mereka melakukan pencoblosan pada pukul 10.00-11.00 WIB.

Uniknya, setelah mereka menunaikan hak suaranya dalam pemilu kali ini. Pihak Lapas memberi mereka secangkir kopi gratis yang membuat warga binaan semakin antusias dan bersemangat. @red

Related Articles

Back to top button